Home > Ragam Berita > Nasional > Sebagian Besar Jamaah Calon Haji WNI yang Ditahan di Filipina Telah Dibawa ke KBRI

Sebagian Besar Jamaah Calon Haji WNI yang Ditahan di Filipina Telah Dibawa ke KBRI

Jakarta – Sebanyak 138 warga negara Indonesia(WNI) yang yang ditahan pihak keamanan Filipina karena akan berangkat menunaikan ibadah haji dengan menggunaka paspor palsu Filipina akhirnya dipindahkan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Manila.

Sebagian Besar Jamaah Calon Haji WNI yang Ditahan di Filipina Telah Dibawa ke KBRI

“Bahwa 138 dari 177 WNI yang berada di Manila, semalam sekitar pukul 00.03 sudah dipindahkan ke fasilitas KBRI Manila,” kata Menlu Retno LP Marsudi kepada wartawan, Jumat (26/8/2016).

Untuk 39 orang WNI sisanya yang masih ditahan, pihak KBRI Manila pagi ini akan kembali menuju Department of Justice di Filipina untuk mengurus mereka.

“Verifikasi masih terus dilakukan,” imbuh Retno.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebutkan tim dari Polri telah berada di Manila untuk melakukan wawancara dengan para WNI yang ditahan, dan selanjutnya akan membantu mengurus kepulangan mereka ke Indonesia.

“Menunggu verifikasi data mereka bahwa mereka WNI. Sepanjang sudah ada verifikasi, mereka akan dipulangkan,” tutur Tito di Kantor Kompolnas, Jalan Tirtayasa VII, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (25/8).
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Deddy Mizwar Lakukan Safari Politik ke PAN dan Demokrat

Deddy Mizwar Lakukan Safari Politik ke PAN dan Demokrat

Bandung – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar akan melanjutkan safari politiknya ke Partai Demokrat ...