Home > Ragam Berita > Nasional > Keterangan Saksi Ahli : Sianida Yang Masuk ke Tubuh Mirna dalam Jumlah Banyak

Keterangan Saksi Ahli : Sianida Yang Masuk ke Tubuh Mirna dalam Jumlah Banyak

Jakarta – Keterangan saksi ahli di bidang Toksologi, I Made Agus Gelgel Wirasuta, dihadapan Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat saat sidang pembunuhan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso menyebutkan bahwa benar racun sianida yang menyebabkan Mirna tewas.

Menurut keterangan I Made Agus Gelgel Wirasuta, yang menyebabkam tewasnya Mirna adalah racun sianida. Hal ini diketahui berdasarkan hasil autopsi yang dilakukan oleh dokter forensik dari Mabes Polri.

“Berdasarkan data ini, saya mencoba menerjemahkan dan korban terekspose meminum dengan minum bersianida. Efek yang ditimbulkan sesuai kasus seperti sianida ini memberikan efek iritasi dan terjadi rasa pedas,” kata I Made Agus di persidangan, Kamis (25/8/2016).

I Made Agus juga menyebutkan bahwa sianida yang terminum oleh Mirna memberikan efek panas dan merusak lambung karena jumlah yang masuk cukup banyak.

“‎Ini menjadi bukti bahwa apa yang diungkap dari lambung korban menyebabkan korosit dari efek apa yang ditimbulkan,” terangnya.

I Made Agus juga menjelaskan, sianida mempunyai efek mengikat oksigen di dalam tubuh, karena itu kepala akan terasa pusing dan tubuh menjadi kekurangan oksigen.

“Dan, korban akan kejang-kejang, di mana napas menjadi terengah-engah karena tubuh kekurangan oksigen,” jelasnya.

“Korban meninggal karena kekurangan oksigen dalam jumlah besar. Dan, fakta ini sudah cukup menjelaskan reaksi bagaimana itu sianida,” tambah I Made Agus.

“Dalam BAP korban merasakan pusing dan kejang-kejang, dan kira-kira sekira 30 menit korban kehilangan nyawanya,” pungkas I Made Agus.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Panglima TNI Gatot Dinilai Cocok Sebagai Cawapres Jokowi

Panglima TNI Gatot Dinilai Cocok Sebagai Cawapres Jokowi

Jakarta – Pilpres 2019 memang masih lama, namun beragam dukungan sudah mulai bermunculan untuk Presiden ...