Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah Sosok di Balik Cerita Lucu Mukidi yang Jadi Viral di Medsos

Inilah Sosok di Balik Cerita Lucu Mukidi yang Jadi Viral di Medsos

Jakarta – Nama Mukidi dalam beberapa hari ramai disebut-sebut di berbagaia media sosial, seperti BBM, WhatsApp, LINE, Facebook, atau Twitter. Entah bagaimana asalnya dalam dua hari ini kata kunci Mukidi di mesin pencari Google menjasi salah satu kata kunci yang paling dicari.

Inilah Sosok di Balik Cerita Lucu Mukidi yang Jadi Viral di Medsos

Lantas siapa sebenarnya sosok di balik tokoh Mukidi dan cerita-cerita lucunya hingga menjadi trending topic saat ini?
Cerita soal tokoh fiksi Mukidi ini sebenarnya telah lama muncul. Adalah Soetantyo Moechlas yang pertama kali mengenalkan tokoh Mukidi lewat blognya di alamat ceritamukidi.wordpress.com.

Pria asal Banyumas Jawa Tengah yang kini berdomisili di Jl. Pembangunan I no 1 Jatibening, Bekasi ini awalnya menciptakan tokoh fiksi bernama Mukidi dengan kisah-kisah lucunya sebagai materi selingan saat ia melakukan presentasi.

“Saya itu product manager, jadi saya sering presentasi pakai humor itu supaya tidak tegang,” kata pria yang akrab dipanggil Yoyok ini.

Inilah Sosok di Balik Cerita Lucu Mukidi yang Jadi Viral di Medsos

Mengapa ia memilih nama Mukidi, Yoyok mengaku karena Mukidi adalah nama yang mudah diingat, seperti halnya nama Kabayan, Samijan, atau yang lainnya.

“Ini tak ubahnya nama Kabayan, Wakijan, Samijan dan sebagainya. Nama-nama yang menyimbolkan rakyat kecil dan mudah diingat,” ujarnya.

Tokoh Mukidi juga digambarkan berubah-ubah, terkadang Mukidi menjadi pelajar, pemuda, atau menjadi seorang suami dengan permasalahan keluarganya. Asal Mukidi juga tidak tetap, kadang ia menjadi orang Betawi, Surabaya, atau Madura. Namun yang jelas, Mukidi digambarkan sebagai sosok rakyat kecil dengan permasalahan yang dihadapinya sehari-hari.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

Jakarta – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) bersama dengan sejumlah ormas rencananya ...