Home > Ragam Berita > Internasional > Tidak Ada WNI Yang Menjadi Korban Gempa di Italia

Tidak Ada WNI Yang Menjadi Korban Gempa di Italia

Roma – Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Italia memastikan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban akibat gempa berkekuatan 6,2 SR yang terjadi pada Rabu (24/8/2016) dinihari waktu setempat.

Tidak Ada WNI Yang Menjadi Korban Gempa di Italia

Hingga saat ini, korban yang tercatat sebanyak 250 orang tewas. Untuk lebih memastikan apakah tidak ada WNI yang menjadi korban, Duta Besar RI untuk Roma August Parengkuan mengutus Wakil Duta Besar Des Alwi dan Pensosbud Charles Hutapea untuk meninjau lokasi gempa di Kota Ascoli Piceno.

“Tim KBRI meninjau ke lapangan, di mana pusat gempa berasal yaitu ke Kota Ascoli Piceno. Sekitar 35 kilometer dari Kota Pescara del Tronto yang merupakan salah satu pusat gempa,” kata Wakil Dubes RI Des Alwi dalam rilis KBRI Roma, Sabtu (27/8/2016).

“Kunjungan ini untuk memastikan keadaan WNI di sekitar lokasi gempa sekaligus memberi dukungan kepada WNI yang mengalami musibah. Ini juga sebagai penentu langkah selanjutnya untuk melindungi WNI,” lanjutnya.

Di kota ini, tim dari KBRI menemui dua WNI, yakni Diana Kusuma (53) dan Febriana Syamsuar (39). Mereka dalam keadaan sehat. Keduanya merasakan juga guncangan akibat gempa yang menurut mereka lebih besar daripada gempa yang terjadi pada tahun 2009 di L’Aquila.

Dari Ascoli, tim KBRI kemudian melanjutkan perjalanan ke kota Aquarta del Tronto yang berjarak sekitar 30 km dari Ascoli.

“Saat di kota ini, sempat terjadi gempa yang kekuatannya kecil dan itu terjadi selama dua detik. Usai gempa yang berkekuatan besar, memang sering kali terjadi gempa kecil,” ucap rilis KBRI Roma.

“Di Aquarta del Tronto ada sebuah lapangan bola yang digunakan untuk tempat pengungsian penduduk. Ada tenda berwarna biru dengan fasilitas sanitasi serta kendaraan berat dan gudang logistik yang tersedia,” tuturnya.

Menurut catatan dari KBRI, sebanyak 2.410 WNI yang menetap di Italia, serta 1.500 rohaniwan berada di Tahta Suci Vatikan.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Video Isu Anggota TNI Bakar Alkitab, Kapolda Papua Diserang Massa

Video Isu Anggota TNI Bakar Alkitab, Kapolda Papua Diserang Massa

Jakarta – Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar harus diselamatkan setelah massa yang marah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis