Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Agar Anak Tidak Telat ke Sekolah

Tips Agar Anak Tidak Telat ke Sekolah

Jakarta – Pagi hari adalah waktu yang sibuk bagi orang tua. Mulai dari membangunkan sang anak, menyiapkan sarapan, hingga menyiapkan keperluan sekolah agar tidak tertinggal.

Tips Agar Anak Tidak Telat ke Sekolah

Apabila tidak hati-hati atau teledor, si anak bisa terlambat menuju sekolah. Berikut ini tips agar anak tidak telat ke sekolah bagi Anda sebagai orang tua seperti dilansir dari vemale.com, Minggu (28/8/2016):

Siapkan Hal-Hal Penting di Malam Hari

Bantu dan arahkan anak untuk menyiapkan semua yang akan dibawa ke sekolah di malam hari untuk keesokan harinya. Bukan berarti kita yang harus mengurus semuanya. Tapi libatkan juga anak. Ajari dia untuk bisa lebih bertanggung jawab dan disiplin dengan semua yang dibutuhkannya untuk sekolah.

Bangun Lebih Pagi

Untuk hal yang satu ini sebenarnya memang tak perlu ditanya lagi, ya Moms. Sebagai ibu pastinya kita akan selalu berusaha untuk bangun lebih pagi setiap hari. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengatur waktu antara menyiapkan sarapan, bekal makan siang, dan juga waktu untuk membantu anak bersiap ke sekolah. Buat estimasi waktu untuk setiap hal yang akan dilakukan di pagi hari. Kerjakan satu hal dalam satu waktu biar nggak kerepotan dengan estimasi waktu yang sudah dibuat.

Buat Jadwal yang Disepakati Bersama Anak

Bekerjasama dengan anak bisa jadi cara yang paling efektif agar pagi hari nggak hectic sendiri. Di waktu luang, misalnya saat akhir pekan, coba ajak anak ngobrol santai dan bikin jadwal harian yang akan dilakukan setiap harinya. Beritahu anak juga soal manfaat yang nantinya bisa ia dapatkan dengan mengikuti jadwal tersebut. Sehingga anak juga nggak malas-malasan saat disuruh bangun pagi dan bergegas ke sekolah.

Taruh Segala Sesuatunya pada Tempatnya

Ini nih hal sepele yang kadang masih susah untuk dilakukan. Memastikan semua benda dan barang berada pada tempatnya kadang susah untuk dikerjakan. Padahal, ini penting sekali. Mulai dari di mana menaruh kaos kaki dan sepatu hingga peralatan sekolah yang dibutuhkan. Biasanya kalau sudah kehilangan sesuatu atau lupa di mana menaruh sebuah barang, kita akan panik dan waktu yang dihabiskan untuk mencari jadi tambah lama. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Kurang atau Kelebihan Tidur Ternyata Dapat Timbulkan Penyakit Kronis

Kurang atau Kelebihan Tidur Ternyata Dapat Timbulkan Penyakit Kronis

Jakarta – Menurut studi yang dirilis pada Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, pria yang ...