Home > Ragam Berita > Nasional > Ternyata Ada Pihak Yang Instruksikan Pelaku Bom Lakukan Aksi di Medan

Ternyata Ada Pihak Yang Instruksikan Pelaku Bom Lakukan Aksi di Medan

Medan – Polisi hingga saat ini terus mendalami kasus teror bom di Gereja Katolik Santo Yosep, Medan, termasuk kemungkinan adanya pihak lain yang sempat diceritakan oleh pelaku.

Ternyata Ada Pihak Yang Instruksikan Pelaku Bom Lakukan Aksi di Medan

Kepada polisi, pelaku (IA) mengaku bahwa dirinya disuruh oleh orang tak dikenal untuk melakukan teror terhadap gereja itu dengan imbalan uang sebesar Rp 10 juta.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Agus Rianto mengatakan, pihak kepolisian masih mengincar identitas dan keberadaan orang tersebut.

“Orangnya ini yang kami cari. Kan bisa ada, bisa enggak,” ujar Agus di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (29/8/2016).

IA mengaku bahwa dirinya bertemu dengan orang tersebut pada Kamis (25/8/2016). Entah bagaimana IA sepakat saja dengan tawaran orang yang disebut ini meskipun ung yang ditawarkan belum ia dapatkan.

Setelah sepakat, orang tersebut lantas memberikan black powder sebagai bahan pembuat bom yang harus dibuat oleh IA sendiri.

Keesokan harinya, IA mulai membeli beberapa perlengkapan dan bahan untuk merakit bom yang ia tahu dari sebuah tayangan di televisi.

“Black powder yang diberikan ke IA sebagai material yamg nanti dicampur korek api sebagai amunisi atau mesiu dalam proses pembuatan bahan peledak yang akan digunakan nantinya,” kata Agus.

Saat ini petugas sedang melakukan pemeriksaan intensif terhadap IA dan menanyai beberapa orang saksi termasuk keluarga IA, Pastor Albret S. Pandiangan yang menjadi sasaran penyerangan, serta beberapa jemaat yang ikut beribadah pada saat kejadian.

IA sendiri sebagai pelaku dijerat dengan Undang-undang Nonor 15 Tahun 2003 tentang Terorisme serta Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang kepemilikan senjata api dan bahan peledak.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Dilaporkan ke Bareskrim Polri Terkait Pidato Pribumi, Ini Reaksi Anies Baswedan

Dilaporkan ke Bareskrim Polri Terkait Pidato Pribumi, Ini Reaksi Anies Baswedan

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak ingin menanggapi terlalu jauh soal pelaporan dirinya ...