Home > Ragam Berita > Nasional > Sekelompok Remaja di Tenggarong Remas Payudara Gadis Pengendara Motor

Sekelompok Remaja di Tenggarong Remas Payudara Gadis Pengendara Motor

Tenggarong – Gelaran Erau and International Folk Art Festival (EIFAF) di Tenggarong, Kutai Kartanegara, yang berakhir Minggu (28/8/2016) kemarin, untuk kesekian kali ternoda dengan ulah dari para remaja dan pemuda yang melakukan pelecehan terhadap perempuan-perempuan yang mengendarai motor.

Sekelompok Remaja di Tenggarong Remas Payudara Gadis Pengendara Motor

(Ilustrasi)

EIFAF digelar selama sepekan, dan berakhir 28 Agustus 2016 lalu. Adat belimbur, menjadi ritual penutup Erau. Sejatinya, belimbur merupakan tradisi saling menyiramkan air, kepada sesama anggota masyarakat, sebagai wujud syukur kelancaran Erau, juga pembersihan diri dari sifat buruk dan unsur kejahatan. Air dipercaya sebagai media peluntur sifat buruk manusia.

Sayangnya, sekelompok remaja dan pemuda, di kelurahan Timbau, Tenggarong, diketahui berbuat menyimpang. Mereka menyiramkan air bukan dari air Sungai Mahakam, melainkan air parit. Bahkan beberapa kelompok pemuda juga nekat melakukan pelecehan seksual dengan meremas payudara remaja putri yang melintas dengan motor.

“Iya, tradisi Belimbur tercoreng dengan adanya perbuatan memalukan seperti itu. Di Timbau, ada yang melempar air parit, melempar air dalam platik berisi batu, ada juga yang meremas payudara,” kata warga Tenggarong Kota, Muhammad Fadlan kepada awak media, Senin (29/8/2016).

Iqbal menambahkan, tradisi sebenarnya dilangsungkan di bibir Sungai Mahakam, saling menyimburkan air sungai sebagai tanda syukur kelancaran Erau.

“Ada rekan saya dari Bandung yang datang kemarin mau lihat belimbur. Tapi, justru kena lempar plastik air, isinya batu. Pelipis robek. Ya terpaksa pasrah, mau marah ya warga lokal,” sebut Fadlan. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Bupati Katingan Akhirnya Bernapas Lega

Bupati Katingan Akhirnya Bernapas Lega

Katingan – Bupati Katingan A. Yantenglie akhirnya bernafas legah setelah laporannya dicabut oleh Aipda Sulis ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis