Home > Travel & Kuliner > Wisata > Gereja di Spanyol Ini Pernah Beralih Fungsi Menjadi Masjid

Gereja di Spanyol Ini Pernah Beralih Fungsi Menjadi Masjid

Cordoba – Di Cordoba, Andalusia, Spanyol, terdapat peninggalan Islam di Eropa. Di kota ini terdapat Mezquita de Cordoba, gereja yang pernah menjadi masjid kemudian menjadi gereja lagi.

Gereja di Spanyol Ini Pernah Beralih Fungsi Menjadi Masjid

Apabila Anda berkesempatan liburan ke Spanyol, jangan lupa mampir ke Cordoba untuk melihat salah satu peninggalan Islam di Eropa. Adalah Mosque-Cathedral of Cordoba, atau yang biasa dikenal dengan Mezquita de Cordoba (Masjid Agung Cordoba) yang sekarang beralih fungsi menjadi gereja katedral bagi umat Katolik.

Hasil pantauan Harian Indo, Senin (29/8/2016), masjid ini awalnya merupakan gereja untuk umat Kristen Visigoth. Masjid ini dibangun di atas tanah tepatnya di Calle del Cardenal Herrero, Cordoba, Andalusia, Spanyol dengan luas sekitar 309 meter persegi.

Tetapi setelah Abd al-Rahman I menguasai daerah Iberia, gereja tersebut dibagi menjadi gereja dan juga masjid untuk umat Muslim. Perubahan tersebut dikepalai oleh Abd al-Rahman sendiri yang menganut arsitektur khas Maroko. Tak heran jika masjid ini akhirnya menganut selain khas Maroko juga bergaya Moorish dan Renaissance, yaitu campuran antara Yunani kuno dan Romawi. Namun dapat terlihat banyak bentuk yang mirip dengan arsitektur Masjid Damaskus.

Gereja di Spanyol Ini Pernah Beralih Fungsi Menjadi Masjid

Tidak ada biaya sepeser pun untuk memasuki bangunan ini. Tetapi, pada saat detikTravel ke sana, sedang ada acara misa untuk umat Katolik. Jadi, bangunan ini tertutup untuk umum, hanya umat Katolik yang melakukan misa yang boleh masuk. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Villa Tempat Obama Menginap Bertarif Rp 95 Juta per Malam

Wow, Villa Tempat Obama Menginap Bertarif Rp 95 Juta per Malam

Denpasar – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama saat ini tengah berlibur di Bali setelah ...