Home > Ragam Berita > Nasional > Setelah Banjir Besar di Kemang, Kali Krukut Dikeruk

Setelah Banjir Besar di Kemang, Kali Krukut Dikeruk

Jakarta โ€“ Dinas Tata Air Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai melakukan pengerukan lumpur di Kali Krukut yang menjadi sumber banjir besar di Kemang, Jakarta Selatan, pada Sabtu (27/8/2016) malam lalu.

Setelah Banjir Besar di Kemang, Kali Krukut Dikeruk

Menurut Kepala Dinas Tata air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan, pihaknya tidak terlalu memikirkan soal ramalan dari BMKG ataupun BPBD DKI Jakarta yang menyatakan wilayah Jakarta masih akan mengalami hujan deras dalam beberapa hari ini.

“Kita udah kerja, mau presikdi BMKG La Nina apa saja kek kita siap,” ujarnya kepada wartawan, Senin (29/8/2016).

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama juga memerintahka untuk melakukan normalisasi Kali Krukut dengan menertibkan bangunan-bangunan di bantaran kali sebagai salah satu langka untuk menghindari banjir di kemudian hari. Langkah ini dilakukan dengan melakukan konsinyasi ke Pengadilan Negeri apabila para warga tidak mau menjual rumahnya.

“Pemerintah punya kewenangan. Kalau mereka tidak mau dibeli ya tetap kita bangun. Itu jangka panjang. Sekarang kami kerjakan dengan penurunan alat berat di Kali Krukut untuk mengeruk lumpur sedalam 1,5 meter. Kali Krukut harus dikembalikan lebarnya semula 20 meteran sekarang cuma tiga meter,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ricardo mengatakan, selama ini penanganan banjir yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta tanpa mmenggunak mapping yang jelas sehingga penanganan hanya dilakukakan di daerah yang terkena banjir.

“Menangani banjir tidak bisa seperti itu. Harus diatur dari hulu ke hilirnya. Saluran air satu sama lain harus terhubung. Kami berharap agar Gubernur Ahok dapat lebih bijak melakukan pendekatan kepada warga agar mereka dapat melepaskan lahannya. Ini kan demi kepentingan orang banyak, mereka juga paham!” jelasnya.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

PPP Kubu Romy Akan Deklarasikan Dukungan ke Ahok-Djarot, Ini Tanggapan Djan Faridz

PPP Kubu Romy Akan Deklarasikan Dukungan ke Ahok-Djarot, Ini Tanggapan Djan Faridz

Jakarta โ€“ Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kubu hasil Muktamar Surabaya Romahurmuziy alias Romy rencananya akan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis