Home > Gaya Hidup > Ternyata Minum Kopi Berdampak Positif bagi Kesehatan Hati

Ternyata Minum Kopi Berdampak Positif bagi Kesehatan Hati

Jakarta – Kopi adalah salah satu jenis minuman yag seringkali dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Selain keberadaannya mudah sekali didapatkan, ternyata penelitian terbaru membuktikan bahawa kopi berdampak positif bagi kesehatan hati.

Ternyata Minum Kopi Berdampak Positif bagi Kesehatan Hati

Penelitian tersebut mengungkapkan, mengkonsumsi hati dapat memperbaiki kadar enzim yang berhubungan dengan fungsi hati, seperti SGOT, SGPT dan GGT.

Berikut penjelaasan dari manfaat kopi bagi beberapa jenis gangguan kesehatan hati:

Sirosis
Sebuah penelitian dari 430.000 partisipan mengungkapkan bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi dalam sehari dapat menurunkan risiko terkena sirosis hingga 44%.

Kanker Hati
Meskipun penelitian ini memerlukan pembuktian lebih lanjut namun penelitian tersebut menyebutkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi kopi sebanyak 3-4 cangkir sehari selama 1-2 tahun dikaitkan dengan menurunnya risiko kanker hati.

Penyakit Hati Kronis
Para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi 1-2 cangkir per hari kopi dikaitkan dengan menurunnya angka fibrosis hati.

Namun tidak semua jenis kopi membawakan manfaat seperti yang telah disebutkan di atas. Kopi jenis espresso misalnya, kopi jenis ini tidak memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Lebih baik pilihlah jenis kopi yang difilter terlebih dahulu.

Yang perlu diingat pula, mengkonsumsi kopi juga ada batasnya. Bagi Anda yang memang tidak tahan mengkonsumsi kopi, jangan dilakukan.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

7 Makanan Penyebab Osteoporosis

7 Makanan Penyebab Osteoporosis

Jakarta – Osteoporosis atau keropos tulang merupakan penyakit yang banyakan terjadi pada orang lanjut usia ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis