Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Imbau DPRD Kabupaten Tidak Bikin Banyak Perda

Jokowi Imbau DPRD Kabupaten Tidak Bikin Banyak Perda

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditunjuk untuk membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (Adkasi). Saat itu, Jokowi memberikan sambutan. Isinya, dia meminta para legislatif di daerah tidak membikin banyak perda. Apalagi hal tersebut menyulitkan masyarakat.

Jokowi Imbau DPRD Kabupaten Tidak Bikin Banyak Perda

”Produksi undang-undang sedikit tidak apa-apa yang penting kualitasnya yang baik, perda juga, yang mendongkrak kesejahteraan dan ekonomi. Jangan tiap hari memproduksi perda, pelaksanaanya bingung,” kata Jokowi di Jakarta pada Selasa (30/8/2016).

Jokowi melanjutkan produksi aturan baik undang-undang atau perda yang terlampau banyak akan menimbulkan birokrasi yang berbelit-belit. Karena itulah beberapa waktu lalu pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri mencabut ribuan perda yang tumpang tindih satu sama lain.

”Undang-undang terlalu banyak, 1 tahun 40, kalau sudah buat undang-undang, pemerintah buat PP, saya buat Perpres, menteri buat Permen, waduh. Padahal sekarang ini perubahan dunia detik demi menit demi hari, jadi kita tidak fleksibel, tidak cepat memutuskan. Maka jawaban saya tidak,” katanya.

Jokowi menegaskan, produksi perda di daerah harus berorientasi pada kemudahan usaha bagi masyarakat dan membuka peluang investasi secara luas. Jangan malah membebani perekonomian hingga membuat kesejahteraan masyarakat menurun.

”Kalau membuat perda, buatlah perda yang memberikan kemudahan masyarakat untuk berusaha, jangan membuat perda yang membebani,” tukas Jokowi. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ternyata Lembaga Ini Yang Melarang Panglima TNI Masuk AS

Ternyata Lembaga Ini Yang Melarang Panglima TNI Masuk AS

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dilarang memasuki wilayah Amerika Serikat oleh US Custom ...