Home > Ragam Berita > Nasional > MK Bahas Judical Review UU Pilkada yang Diajukan Ahok

MK Bahas Judical Review UU Pilkada yang Diajukan Ahok

Jakarta – Beberapa waktu lalu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengajukan judical review. Hal tersebut terkait dengan tinjauan UU Pilkada tentang Cuti Selama Masa Kampanye. Karena itu, Mahkamah Konstitusi (MK) pun menyelenggarakan sidang lanjutan pada Rabu (31/8/2016). Gugatan dalam sidang tersebut diajukan dengan nomor perkara 60/PUU-XIV/2016.

MK Bahas Judical Review UU Pilkada yang Diajukan Ahok

Sebelumnya, sidang uji materi perdana dipimpin oleh Hakim Ketua Anwar Usman dengan anggota yang terdiri dari hakim Aswanto dan hakim I Dewa Gede Palguna.

Salah satu majelis hakim mempertanyakan legal standing gugatan tersebut. ”Dalam konteks ini, tapi mengaitkan sekarang statusnya sebagai Gubernur DKI atau sebagai masyarakat biasa. Itu harus jelas dalam pelaporan ini,” ujar Dewa Gede di ruang sidang MK, Jakarta Pusat, Senin (22/8/2016).

Sementara itu, Aswanto mempertanyakan apa bentuk kerugian konstitusional pemohon. ”Harus menguraikan secara jelas kalau ingin dirubah (UU Pilkada), (agar) pemohon tidak akan lagi mengalami kerugian. Sehingga perlu dielaborasi kembali,” kata Aswanto. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Astaga, Gadis 14 Tahun Dipaksa Layani Pria Hidung Belang di Rusun

Astaga, Gadis 14 Tahun Dipaksa Layani Pria Hidung Belang di Rusun

Banten – AM, siswi SMP berusia 14 tahun di Ciledug dijual oleh temannya ke lelaki ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis