Home > Ragam Berita > Nasional > BMKG Kupang Jelaskan Alasan Terjadinya Gempa di Manggarai

BMKG Kupang Jelaskan Alasan Terjadinya Gempa di Manggarai

Kupang – Tanah air kembali dilanda gempa tektonik. Musibah tersebut terjadi pada Kamis (1/9/2016). Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Kupang Sumawan pun membenarkan adanya kejadian tersebut. Dia mengungkapkan, hal tersebut terjadi di wilayah Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur lantaran aktivitas sesar lokal.

BMKG Kupang Jelaskan Alasan Terjadinya Gempa di Manggarai

”Gempa bumi tektonik di wilayah Ruteng, Manggarai itu karena dipicu aktivitas sesar lokal,” kata Sumawan.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi dengan kekuatan M=3,0 Skala Richter. Pusat gempa bumi terletak pada 8,66 LS dan 120,45 BT, tepatnya di darat pada jarak 6 km selatan Kota Ruteng pada kedalaman 10 km.

Berdasarkan hasil analisis peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi berupa guncangan cukup kuat terjadi di daerah Ruteng, Lao, Rejeng, Kuwu, Deru, Wodo, Wado, Tando, dan Todo pada skala intensitas II SIG BMKG (III-IV MMI).

Beberapa warga dilaporkan sempat berlarian dan berhamburan keluar rumah karena guncangan yang tiba-tiba menyentak. Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa bumi, kata Sumawan.

Menurut dia, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Berdasarkan peta tatanan tektonik daerah NTT tampak bahwa di zona gempa bumi memang terdapat struktur sesar mendatar. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Anies-Sandi Lanjutkan Kebiasaan Ahok Unggah Video Rapat Ke Youtube

Anies-Sandi Lanjutkan Kebiasaan Ahok Unggah Video Rapat Ke Youtube

Jakarta – Saat Ahok menjabat, dirinya selalu mengunggah video rapat ke Youtube. Alasannya agar masyarakat ...