Home > Ragam Berita > Internasional > Ratusan Hakim dan Jaksa di Turki Dicopot dari Jabatan

Ratusan Hakim dan Jaksa di Turki Dicopot dari Jabatan

Ankara – Terjadi perombakan di Turki. Ratusan hakim dan jaksa dinonaktifkan atau dicopot dari jabatannya. Jumlahnya mencapai 540. Hal tersebut dilakukan lantaran mereka ditengarai terkait dengan kelompok pemberontak Fethullah Gulen. Hal tersebut diungkapkan dewan peradilan tertinggi Turki.

Ratusan Hakim dan Jaksa di Turki Dicopot dari Jabatan

Sebagaimana diberitakan kantor berita Turki Anadolu pada Jumat (2/9/2016), majelis umum Dewan Tertinggi Hakim dan Jaksa Turki (Hakimer ve Savcilar Yuksek Karulu/HSYK) memutuskan memberhentikan 543 hakim dan jaksa yang sudah diskors.

Keputusan itu dibuat berdasarkan keputusan hukum yang dikeluarkan Juli dalam kondisi darurat tiga bulan setelah upaya kudeta yang gagal di Turki. Pada 24 Agustus, HSYK telah memberhentikan total 2.847 hakim dan jaksa yang diskors.

Orang-orang yang dipecat dituduh punya kaitan dengan Organisasi Fethullah Gulen yang menurut pemerintah Turki berada di balik upaya kudeta 15 Juli menurut keputusan majelis.

Sementara itu, sedikitnya 240 orang tewas dalam kudeta yang menurut pemerintah diatur oleh para pengikut Fetullah Gulen. Dia dituduh memimpin kampanye untuk menggulingkan pemerintah Turki melalui penyusupan ke institusi-institusi negara, utamanya militer, kepolisian, dan peradilan, membentuk apa yang disebut sebagai negara paralel. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pasca Bom Di Konser Ariana Grande, 6 Pria dan 1 Wanita Ditangkap

Pasca Bom di Konser Ariana Grande, 6 Pria dan 1 Wanita Ditangkap

London – Pasca peristiwa bom bunuh diri di Konser Ariana Grande, di Manchester Arena, Inggris, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis