Home > Ragam Berita > Internasional > Iran Tuduh Arab Saudi dan Wahabi Biang Kerok Terorisme

Iran Tuduh Arab Saudi dan Wahabi Biang Kerok Terorisme

Teheran – Pemerintah Iran melaui Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Qassemi mengatakan bahwa Arab Saudi dengan paham Wahabi-nya merupakan sumber dan penyebab aksi-aksi terorisme yang kini semakin sering terjadi di wilayah Timur Tengah khususnya.

Iran Tuduh Arab Saudi dan Wahabi Biang Kerok Terorisme

Menurut Qassemi, berbagai macam upaya yang dilakukan oleh Arab Saudi untuk menutupi peran mereka di berbagai aksi teror telah gagal.

“Meskipun upaya terus-menerus Arab Saudi untuk menyembunyikan kenyataan-kenyataan seperti keterlibatannya dalam operasi teroris paling mengerikan di dunia dan pembunuhan anak-anak di Yaman, dengan menggunakan petrodolar, saat ini, dunia telah mengetahui bahwa sumber momok tersebut adalah rezim Saudi dan ideologi palsu Wahabi, yang menjadi basis kehidupan politik negara itu,” cetus Qassemi seperti dilansir media Iran, Press TV, Jumat (2/9/2016).

Lebih jauh Qassemi menjelaskan, peran Arab Saudi dalam peristiwa serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat yang menewaskan 3 ribu jiwa tersebut sangat besar. 15 orang dari 19 pelaku serangan itu adalah warga Arab Saudi dan kabarnya mempunyai hubungan dengan otoritas di sana.

Pernyataan keras yang dilontarkan oleh Qassemi adalah sebagai balasan yang lakukan Iran karena tudingan yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir saat berkunjung ke Beijing, China pada Rabu (31/8/2016). Saat itu Jubeir menuduh Iran berada di balik kelompok pemberontak Houthi di Yaman.

Jubeir juga menuduh Iran mencoba menyelundupkan bahan-bahan peledak ke Bahrain, Kuwait dan Saudi.

Tentu saja tuduhan tersebut lantas dibantah oleh pihak Iran dan menganggapnya tidak berdasar. Qassemi meminta agar Arab Saudi mengkoreksi perbuatan-perbuatan mereka sendiri sebelum menuduh pihak lain.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Keindahan Tubuh Megan Fox Lagi-lagi Membuat Takjub Para Fans

Keindahan Tubuh Megan Fox Lagi-lagi Membuat Takjub Para Fans

Los Angeles – Meski sudah beranak tiga, tampaknya Megan Fox pantas disebut sebagai salah satu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis