Home > Gaya Hidup > Tips > 4 Penyebab Utama Perceraian Menurut Ilmu Psikologi

4 Penyebab Utama Perceraian Menurut Ilmu Psikologi

Jakarta – Setiap pasangan suami istri pasti memiliki cara masing-masing untuk mencegah terjadinya perceraian. Terdapat ribuan alasan yang dapat membuat pasangan suami istri bercerai, dan akhir-akhir ini sepertinya semakin banyak orang yang memutuskan bercerai daripada mempertahankan pernikahan.

4 Penyebab Utama Perceraian Menurut Ilmu Psikologi

Menurut ilmu psikologi, inilah 4 penyebab besar mengapa kebanyakan pasangan memutuskan cerai seperti dilansir dari vemale.com, Sabtu (3/9/2016):

Kurangnya komunikasi

Ketika pasangan tak ada yang mau bicara, entah itu karena ego masing-masing, untuk menghindari konflik atau menghindari membahas masalah yang tak nyaman, kurangnya komunikasi bisa menjadikan salah paham besar satu sama lain. Matinya komunikasi akan semakin memperlebar jarak antara suami dan istri.

Selalu menunjukkan perasaan negatif

Menyimpan perasaan negatif itu buruk, bukan hanya untuk fisik namun juga mental. Tapi selalu mengeluarkan pemikiran dan perasaan negatif terhadap pasangan pasti akan membuat atmosfer menjadi panas, dan pertengkaran pasti akan selalu muncul. Kamu dan dia punya kekurangan masing-masing dan jika hanya saling menyalahkan, ikatan pernikahan akan semakin renggang.

Kurang menunjukkan rasa sayang

Tentu saja kamu menikah karena sayang padanya, tapi tak satupun dari suami atau istri menunjukkannya dengan aksi atau kata-kata. Ketika suami atau istri kurang mendapat rasa sayang di rumah, mereka akan cenderung mencari penghargaan dan rasa sayang itu di luar rumah. Inilah yang menimbulkan kasus orang ketiga atau perselingkuhan.

Kurangnya rasa tanggung jawab

Jika suami tak merasa membutuhkan kehadiran istri lagi, perlahan ia juga kan kehilangan rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap istrinya. Kurangnya waktu bersama, kurangnya rasa memiliki satu sama lain inilah yang membuat banyak pasangan akhirnya saling menghindar satu sama lain. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Kecanduan Smartphone ? Inilah Tip untuk Mengatasinya

Kecanduan Smartphone ? Inilah Tip untuk Mengatasinya

London – Terjadi peningkatan kebiasaan orang dewasa melihat smartphone mereka di Inggris, yakni menjadi 150 ...