Home > Ragam Berita > Nasional > Budi Gunawan Bakal Lakoni Fit and Proper Test Dua Pekan Lagi

Budi Gunawan Bakal Lakoni Fit and Proper Test Dua Pekan Lagi

Jakarta – Komjen Budi Gunawan memang telah dicalonkan sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Nah, surat penunjukkannya pun telah diterima DPR. Kini paripurna pun sedang dilakukan. Dua pekan mendatang, jenderal bintang tiga bakal melakoni fit and proper test.

Budi Gunawan Bakal Bakal Lakoni Fit and Proper Test Dua Pekan Lagi

”Surat sudah masuk dan langkah berikutnya akan dibacakan dulu di forum paripurna, setelah itu ditugaskan ke komisi I dan baru bisa menggelar fit and proper test,” kata Anggota Komisi 1 DPR Meutya Hafid di Jakarta pada Sabtu (3/9/2016).

”Ada kemungkinan fit and propers test akan dilakukan dua minggu lagi,” tambahnya.

Meski demikian, pencalonan Budi Gunawan juga sempat mendapat penolakan. Bahkan DPR juga didesak untuk bisa menolak penunjukkan tersebut.

Meutya memaparkan, pemilihan Kepala BIN ialah sepenuhnya wewenang Presiden. Adapun posisi lembaga parlemen itu hanya bisa memberi pertimbangan bukan penolakan.

”Di Indonesia Presiden mengirim surat ke DPR, DPR hanya kasih pertimbangan. Jadi kepala intelijen itu adalah diangkat oleh Presiden karena Presiden percaya kepada dia,” tambahnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan mengevaluasi para petugas penanganan prasarana dan ...