Home > Ragam Berita > Nasional > Survey, Nama Ahok Muncul Sebagai Kandidat Menteri SDM

Survey, Nama Ahok Muncul Sebagai Kandidat Menteri SDM

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) masuk dalam bursa calon menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) setelah namanya dipilih oleh 4,6 persen responden dalam survei yang dilakukan oleh Institute for Essentials Service Reform (IESR).

Survey, Nama Ahok Muncul Sebagai Kandidat Menteri SDM

Kemunculan nama Ahok itu pun menarik perhatian dalam diskusi bertajuk ‘Menimbang Menteri ESDM Pilihan Jokowi’ yang digelar di Gedung Dewan Pers Jakarta, Minggu (4/9/2016).

Brigita Manohara selaku moderator diskusi pun sempat melontarkan pertanyaan pada Fabby Tumiwa selaku Direktur IESR mengapa nama Ahok bisa muncul. Padahal, Ahok sudah dipastikan akan maju kembali pada pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017.

“Ini menarik nama Ahok bisa sampai muncul,” kata Brigita.
Fabby pun menjelaskan bahwa survei yang dilakukannya melalui internet pada 22-26 Agustus itu menggunakan metode semi terbuka.

IESR menyediakan sejumlah nama yang mengemuka untuk dipilih responden. Namun responden juga bisa memasukkan nama lain jika tidak tertarik dengan pilihan yang sudah disediakan. Dari jumlah responden valid sebanyak 1.874 orang, banyak yang memasukkan nama Ahok sehingga akhirnya menempati urutan kelima dalam survei.

“Nama Ahok muncul karena masyarakat memilih,” kata Fabby.

Sementara itu, empat nama teratas yang mengungguli Ahok yakni Dosen ITB Tri Haryo Soesilo (16 persen), Direktur Teknik Lingkungan Kementerian ESDM Djoko Siswanto (10 persen), mantan Direktur PLN Hadiv Situmeang (6,5 persen), Direktur Utama PT Pertamina Persero Dwi Soetjipto (4,7 persen). (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan mengevaluasi para petugas penanganan prasarana dan ...