Home > Ragam Berita > Nasional > Pizza Hut Asia Akui Pizza Hut Indonesia Pernah Lakukan Perpanjangan Masa Simpan Bahan

Pizza Hut Asia Akui Pizza Hut Indonesia Pernah Lakukan Perpanjangan Masa Simpan Bahan

Jakarta – Terkait pemberitaan dari Majalah Tempo yang mengungkapkan bahwa Pizza Hut Indonesia diduga pernah menggunakan bahan makanan yang telah kadaluarsa, pihak Pizza Hut Asia di Singapura membenarkan bahwa memang pernah terjadi hal tersebut.

Pizza Hut Asia Akui Pizza Hut Indonesia Pernah Lakukan Perpanjangan Masa Simpan Bahan

Hal ini disampaikan oleh Pankaj Batra selaku Direktur Marketing Pizza Hut Asia, lewat surat elektronik, ia tidak menyangkal bahwa memang pernah terjadi perpanjangan masa simpan yang dilakukan oleh pemegang franchise Pizza Hut Indonesia. Namun menurutnya, hal itu dilakukan secara sah.

“Perpanjangan masa simpan dapat disetujui oleh bagian QA dari pemegang franchise lokal, hanya setelah mereka menerima rekomendasi tertulis dari produsen atau pemasok untuk mengkonfirmasi bahwa masa simpan dapat diperpanjang, dan tidak ada resiko keamanan. Bagian R&D atau QA juga diharapkan melakukan uji sensorik internal,” tulis Pankaj Batra.

“Pemegang waralaba kami di Indonesia telah mengkonfirmasi bahwa proses tersebut telah dilakukan,” tandasnya.

Namun demikian, menurut Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM, Suratmono, melakukan perpanjangan simpan merupakan pelanggaran hukum.

“Apapun alasannya, Undang-Undang Pasal 90 (menyebutkan), setiap orang dilarang mengedarkan pangan tercemar. Dan produk lewat tanggal kadaluarsa itu termasuk pangan tercemar,” kata Suratmono.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Yusril Berharap Hakim Batalkan Beberapa Pasal Dalam Perppu Ormas

Yusril Berharap Hakim Batalkan Beberapa Pasal Dalam Perppu Ormas

Jakarta – Kuasa hukum Hizbut Tahrir Indonesia Yusril Ihza Mahendra, akan membagi gugatan menjadi dua ...