Home > Ragam Berita > Nasional > Produsen Bubuk Bonito untuk Marugame Udon Tidak Merekomendasikan Penggunaan Bahan Kadaluwarsa

Produsen Bubuk Bonito untuk Marugame Udon Tidak Merekomendasikan Penggunaan Bahan Kadaluwarsa

Jakarta – Berita soal penggunaan bahan yang telah melewati masa kadaluwarsa yang diduga dilakukan oleh jaringan restoran Marugame Udon dan Pizza Hut di Indonesia menjadi heboh setelah Majalah Tempo mengangkatnya ke publik.

Produsen Bubuk Bonito untuk Marugame Udon Tidak Merekomendasikan Penggunaan Bahan Kadaluwarsa

Menurut Marukei, perusahaan Jepang yang memasok bubuk bonito kepada Marugame Udon, poduknya tidak serta merta mengandung bakteri bila telah melewati masa simpannya. Tidak juga menjadikannya tidak aman atau tidal layak dikonsumsi, namun rasanya akan berubah.

Presiden Direktur Marukei, Nobuyasu Sawairi, mengatakan bahwa produknya memiliki masa simpan selama satu tahun, dan bila melewati masa itu maka rasanya akan berubah.

“Karena kelembaban bubuk bonito sangat rendah, maka bakteri tidak akan cepat berkembang, apalagi karena sudah dikemas sedemikian rupa,” tulis Nobuyasu Sawairi dalam keterangannya.

“Jika masa simpannya sudah kadaluwarsa, kami tidak akan merekomendasikan, bukan karena bakteri, tapi karena rasa. Jika produk sudah lewat setahun, jumlah bakteri tidak akan muncul dan berkembang mendadak, namun rasanya akan berubah, sehingga kami tidak merekomendasikan penggunaan produk ini,” tambahnya.

Seperti diketahui, pihak Marugame Udon di Indonesia mengimpor bubuk bonito dari pabrik Marukei di Shanghai, China.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Gerindra Keluar dari Pansus Angket, Wakil Ketua DPR Layangkan Sindiran

Gerindra Keluar dari Pansus Angket, Wakil Ketua DPR Layangkan Sindiran

Jakarta – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, menyindir langkah Gerindra yang keluar dari keanggotaan Pansus ...