Home > Ragam Berita > Internasional > Amerika Serikat Gunakan Racun Antizika untuk Basmi Jutaan Lebah

Amerika Serikat Gunakan Racun Antizika untuk Basmi Jutaan Lebah

Perth – Virus zika kini menjadi pembicaraan di seluruh pelosok dunia. Beberapa orang pun tampak sangat khawatir dengan persebaran virus tersebut. Karena itu, otoritas Amerika Serikat bakal melakukan antisipasi penyebaran virus tersebut.

Amerika Serikat Gunakan Racun Antizika untuk Basmi Jutaan Lebah

Sebagaiamana diberitakan The Guardian pada Senin (5/9/2016), racun serangga itu, yang disebarkan lewat pesawat pada awal pekan lalu di negara bagian Carolina Selatan. Nah, hal tersebut mengakibatkan ribuan lebah madu mati di dekat sarang mereka.
Selain itu, Andrew Macke -yang menggeluti hobi pengembiakan lebah- menyatakan ribuan lebahnya mati. “Apakah kita sudah gila? Menyemprotkan racun dari langit?” katanya di Facebook.

Menurut Dr Mike Weyman, Kepala Departemen Regulasi Pestisida Universitas Clemson, di South Carolina ada peraturan yang sangat keras dalam upaya melindungi lebah. Di Carolina Selatan, tercatat sudah ada lebih dari 36 orang yang positif terpapar virus Zika. Selain itu, pemerintah memprioritaskan segala upaya pencegahan penularan lokal virus itu melalui gigitan nyamuk aedes aegypti.

”Yang kami sangat khawatirkan sekarang bukan hanya matinya lebah, tapi kemungkinan kematian atau sterilisasi genetik terhadap lebah yang berhasil selamat dari penyemprotan pertama ini,” kata Wakil Presiden Asosiasi Peternak Lebah Florida Jennifer Holmes. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Korut Kecam Negara-Negara yang Berikan Dukung kepada AS

Korut Kecam Negara-Negara yang Berikan Dukung kepada AS

Pyongyang – Korea Utara (Korut) mengeluarkan peringatan terhadap negara-negara di PBB pada Senin (16/10/2017), dalam ...