Home > Ragam Berita > Nasional > Rohadi Minta Uang Rp 50 Juta untuk Bantu Perkara Saipul Jamil

Rohadi Minta Uang Rp 50 Juta untuk Bantu Perkara Saipul Jamil

Jakarta – Mantan Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara Rohadi pada sidang di Pengadilan Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (5/9/2016), didakwa telah menerima uang suap sebesar Rp 50 juta dari kakak Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah, dan kuasa hukumnya Bertha Natalia.

Rohadi Minta Uang Rp 50 Juta untuk Bantu Perkara Saipul Jamil

“Patut diduga bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan untuk menggerakkan agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kewajibannya,” ujar Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK Kresno Anto Wibowo di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

Menurut Kresno, pemberian uang tersebut diduga untuk penunjukkan susunan majelis hakim yang akan mengadili kasus percabulan yang dilakukan oleh pedangdut Saipul Jamil.

Awalnya, pada April 2016 Rohadi bertemu dengan Bertha Natalia di Pengadilan Negeri Jakarta Utara dan bersedia menjadi penghubung yang nantinya akan mengatur penunjukkan anggota majelis hakim yang dapat membantu perkara Saipul Jamil.

Pada pertemuan tersebut Rohadi meminta kompensasi sebesar Rp 50 juta sebagai dana operasional. Betha pun menyanggupinya dan akan membicarakannya dengan Samsul Hidayatullah dan Kasman Sangaji, pengacara Saipul Jamil yang lainnya.

“Nanti dibantu untuk penetapannya hakimnya, diminta sama Kangmas Rp50 juta Bu,” ujar Rohadi kepada Bertha, seperti yang dibacakan oleh Jaksa KPK.

Lalu Bertha, Samsul, dan Kasman Sangaji bertemu di kediaman Saipul Jamil, di Kelapa Gading, Jakarta Utara, dan dalam pertemuan tersebut disepakati pemberian uang Rp 50 juta tersebut.

Bertempat di area parkir Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Bertha kemudian menyerahkan uang Rp 50 juta itu kepada Rohadi.

Rohadi didakwa melanggar Pasal 12 Huruf a atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Profesor Coppel : "Kata Pribumi Yang Digunakan Anies Aneh Dalam Tiga Hal"

Profesor Coppel : “Kata Pribumi Yang Digunakan Anies Aneh Dalam Tiga Hal”

Jakarta – Pilihan kata “Pribumi” yang digunakan Anies Baswedan dalam pidatonya yang menimbulkan polemik itu, ...