Home > Ragam Berita > Internasional > Presiden Obama Tiba-Tiba Batalkan Pertemuan dengan Presiden Filipina

Presiden Obama Tiba-Tiba Batalkan Pertemuan dengan Presiden Filipina

Washington DC – Pihak Gedung Putih tiba-tiba membatalkan jadwal pertemuan antara Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang seharusnya berlangsung pada hari ini, Selasa (6/9/2016) di sela-sela pertemuan KTT ASEAN di Laos.

Presiden Obama Tiba-Tiba Batalkan Pertemuan dengan Presiden Filipina

Dalam pengumumannya yang disampaikan pada Senin (5/9/2016) waktu setempat, Gedung Putih membatalkan pertemuan antara Obama dan Duterte setelah Presiden Filipina yang baru beberapa bulan dilantik ini mengecam Presiden Obama yang mempermasalahkan tindakan kontroversialnya dalam memberantas pengedar narkoba dengan menembak mati di tempat tanpa melalui proses pengadilan.

Sebelumnya, pejabat Gedung Putih menyatakan bahwa Obama dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Duterte untuk membahas tindakannya dalam penanganan pengedar narkoba dengan membunuh mereka di luar hukum.

Mendengar hal ini Duterte menjadi geram dan mengatakan bahwa Obama harus berpikir dua kali bila masih akan berbicara soal cara dia memimpin negara Filipina.

“Memangnya dia pikir siapa? Saya bukan boneka Amerika. Saya presiden dari sebuah negara yang berdaulat dan saya tidak bertanggung jawab kepada siapa pun, kecuali orang-orang Filipina,” ucap Duterte dalam pidatonya pada Senin (5/9/2016) sambil mencaci maki Obama.

Duterte justru menyalahkan Amerika Serikat yang telah menyebabkan kekacauan di Mindanao, Filipina Selatan.

“Ini fakta, kita mewarisi masalah ini dari Amerika Serikat. Kenapa? Karena mereka menginvasi negara ini dan membuat orang-orang kami tunduk pada mereka. Semua orang memiliki catatan mengerikan pembunuhan ekstrajudisial. Mengapa membuat masalah tentang memerangi kejahatan?” kata Duterte

“Lihatlah hak asasi manusia di Amerika. Cara mereka memperlakukan para migran di sana,” tambahnya.

Obama sendiri membenarkan bahwa jadwal tatap muka antara dirinya dengan Duterte dibatalkan karena sudah tidak ada gunanya lagi.

“Saya selalu ingin memastikan memiliki pertemuan yang produktif dan mendapatkan sesuatu (hasil) yang bisa dilakukan,” kata Obama saat konferensi pers.

“Ketika kita memiliki pertemuan, ada sesuatu yang akan dibawa di dalamnya,” tambah Obama.
Samsul Arifin)

x

Check Also

Pengakuan Ibunda Bripda Imam Gilang, Korban Bom Kampung Melayu

Pengakuan Ibunda Bripda Imam Gilang, Korban Bom Kampung Melayu

Jakarta – Salah satu dari tiga anggota polisi yang gugur akibat bom bunuh diri Terminal ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis