Home > Ragam Berita > Nasional > Kemenhub Mulai Persiapan Penanganan Virus Zika

Kemenhub Mulai Persiapan Penanganan Virus Zika

Jakarta – Virus zika beberapa akhir ini menjadi pembicaraan. Kabarnya, virus tersebut kini sudah merebak di Asia Tenggara. Karena itu, Kementerian Perhubungan bakal melakukan upaya untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Terutama di seluruh pelabuhan dan bandara internasional.

Kemenhub Mulai Persiapan Penanganan Virus Zika

Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Hubungan Internasional dan Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Dewa Made Sastrawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan instansi terkait untuk bersiaga mencegah dan meminimalkan dampak dan penyebaran virus Zika

Made menjelaskan unit-unit kesehatan di pelabuhan-pelabuhan umum dan penyebrangan di Batam serta bandara internasional utama Indonesia telah memasang perlengkapan pendeteksi suhu badan (mass thermal scanner) untuk memonitor suhu badan para penumpang dari Singapura dan Malaysia dengan batas toleransi berbadan sehat dengan suhu badan paling tinggi 38 derajat Celcius.

”Para penumpang yang datang dari Singapura dan Malaysia di pelabuhan-pelabuhan di Batam dan bandara internasional utama diwajibkan untuk melakukan pengisian formulir kewaspadaan kesehatan atau Health Alert Card (HAC) guna memonitor kondisi kesehatan para penumpang dengan asal embarkasi Singapura dan Malaysia,” katanya pada Selasa (6/9/2016).

”Ke depan Kemenhub dan Kementerian Kesehatan dan otoritas serta pengelola pelabuhan di Batam dan bandara internasional utama di Indonesia terus berkoordinasi untuk melakukan pemantauan atas kemungkinan penyebaran virus Zika tersebut terhadap para pengguna alat transportasi laut atau udara dengan embarkasi Singapura dan Malaysia,” tambahnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Terkait Mantan Menteri Yang Anti Pancasila, Adhyaksa Dault Beri Klarifikasi

Terkait Mantan Menteri Yang Anti Pancasila, Adhyaksa Dault Beri Klarifikasi

Jakarta – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault memberikan klarifikasi terkait pernyataan Menteri Dalam ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis