Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Berita Kesehatan : Tablet Vitamin D Dapat Kurangi Risiko Asma

Berita Kesehatan : Tablet Vitamin D Dapat Kurangi Risiko Asma

London – Asma memang dapat mengganggu aktivitas seseorang. Di seluruh dunia, ada 300 juta orang yang mengidap penyakit tersebut. Namun, kini mereka dapat mengurangi risiko asma akut. Caranya, rutin mengonsumsi suplemen vitamin D.

Berita Kesehatan : Tablet Vitamin D Dapat Kurangi Risiko Asma

Analisis terhadap bukti-bukti uji coba–yang digelar di Amerika Serikat, Kanada, India, Jepang, Polandia, dan Inggris–menemukan bahwa konsumsi tablet vitamin D menurunkan resiko serangan asma akut, yang membutuhkan perawatan rumah sakit, sekitar tiga persen dari enam persen.

Adrian Martineau, profesor infeksi pernafasan dan imunitas di Universitas Queen Mary London yang juga memimpin proses analisis, mengaku gembira dengan bukti-bukti yang dihasilkan. Namun di sisi lain dia juga meminta semua orang untuk berhati-hati.

”Penemuan terkait serangan asma akut hanya muncul tiga kali dalam uji coba ini, di mana sebagian besar pasien adalah orang dewasa penderita asma ringan dan moderat,” katanya.

”Uji coba dengan skala yang lebih besar masih dibutuhkan untuk kalangan anak-anak dan dewasa penderita asma akut untuk mengetahui apakah vitamin D juga bermanfaat bagi mereka,” tambah Martineau.

Namun, hingga kini masih belum diketahui apakah dampak positif dari tablet vitamin D tersebut terjadi pada semua pasien uji coba, atau hanya bagi mereka yang mempunyai level vitamin D yang rendah. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Jakarta – Meraba Nadi Sendiri atau yang disingkat dengan istilah MENARI sebaiknya dilakukan setiap hari ...