Home > Ragam Berita > Nasional > Otto Hasibuan Anggap Kasus Tewasnya Mirna Tidak Pernah Ada

Otto Hasibuan Anggap Kasus Tewasnya Mirna Tidak Pernah Ada

Jakarta – Sidang kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin masih bergulir. Jessica Wongso pun telah didakwa mencampurkan sianida dalam kopi korban. Namun, Otto Hasibuan, pengacara terdakwa, menegaskan bahwa kasus tersebut tidak ada bukti. Sebab, dalam tubuh korban, tidak didapati sianida.

Otto Hasibuan Anggap Kasus Tewasnya Mirna Tidak Pernah Ada

”Barang bukti BB IV menunjukkan bahwa hasil pemeriksaan kandungan sianida dalam cairan lambung Mirna yang diambil 70 menit usai korban meninggal, adalah negatif. Jadi, tidak ada kematian karena sianida dan karena itu otomatis tidak ada perkara. Mau diputar balik juga sama saja,” kata Otto di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Selasa dini hari (6/9/2016).

BB IV ini sendiri dipaparkan oleh saksi ahli dari pihak terdakwa, pakar patologi forensik berkebangsaan Australia, Beng Beng Ong. Walaupun barang bukti ini diambil oleh tim Puslabfor Mabes Polri, hasil pemeriksaan cairan lambung tidak pernah dipaparkan di pengadilan.

”BB IV itu hasil dari Puslabfor Mabes Polri. Jadi itu bukti dari polisi, jaksa dan tidak bisa diperdebatkan lagi. Selama ini kami tidak terlalu menyadari keberadaan barang bukti itu karena sepanjang persidangan hanya dipaparkan kesimpulan saja,” kata Otto.

Sementara itu, hasil BB IV diambil 70 menit setelah Mirna meninggal dunia, 0,1 ml dari cairan lambung. Otto menelaskan, BB IV itu dianggap tidak perlu oleh penyidik karena volumenya terlalu kecil.

Selama persidangan, yang dipakai adalah data dari Puslabfor Mabes Polri yang diambil tiga sampai lima hari setelah korban meninggal dan jenazahnya sudah diawetkan dengan hasil ditemukan 0,2 miligram per liter sianida di lambung Mirna.

”Kalau dari awal kita sudah mengetahui BB IV ini, kasusnya tidak perlu dibawa ke pengadilan,” tutur Otto. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ketua MUI : "Boikot Produk-Produk Amerika"

Ketua MUI : “Boikot Produk-Produk Amerika !”

Jakarta – Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada Minggu (17/12/2017) hari ini, dipadati oleh ...