Home > Ragam Berita > Nasional > Zulkifli Hasan Sampaikan Orasi Ilmiah tentang Perbedaan di Indonesia

Zulkifli Hasan Sampaikan Orasi Ilmiah tentang Perbedaan di Indonesia

Banda Aceh – Indonesia memang dikenal dengan Pluralismenya. Sebab, tanah air memiliki keanekaragaman budaya dan suku. Nah, dalam orasi ilmiah di dies natalies ke-55 Universitas Syiah Kuala, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menyampaikan mengenai hal tersebut. Dia menjelaskan tentang ciri bangsa Indonesia sebagai negara yang memiliki keanekaragaman kultur.

Zulkifli Hasan Sampaikan Orasi Ilmiah tentang Perbedaan di Indonesia

Perbedaan yang dimaksud, banyaknya suku di Indonesia yang berbeda antara satu dengan lainnya. Sehingga, perbedaan itu harusnya menjadi salah satu hal yang patut dibanggakan oleh masyarakat.

”Perbedaan itu ya ciri kita sebagai bangsa Indonesia. Kalau semuanya sama dan tidak berbeda, itu namanya bukan Indonesia. Karena itu, ada Bhinneka Tunggal Ika,” kata Zulkifli pada Selasa (6/9/2016).

Selain itu, pebedaan yang ada di Indonesia sudah dijamin oleh konstitusi, sehingga menjadi hak seluruh seluruh masyarakat. Zulkifli menyebut dalam aturan konstitusi, berbicara tentang suku bukanmerupakan pelanggaran SARA.

”Seluruh daerah itu semuanya punya potensi untuk terus dikembangkan. Bhinneka Tunggal Ika memberikan kesempatan bagi kita menjalani hidup dengan perbedaan. Jadi siapa saja kita, bertanggung jawab untuk membangun daerah masing-masing,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Bakal Segera Lakukan Pemeriksaan Terhadap Sandiaga

Polisi Bakal Segera Lakukan Pemeriksaan Terhadap Sandiaga

Jakarta – Polisi kemungkinan memeriksa Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno setelah selesai meminta keterangan rekan ...