Home > Teknologi > Gadget > Ini Penyebab Samsung Galaxy Note 7 Meledak

Ini Penyebab Samsung Galaxy Note 7 Meledak

Seoul – Pihak Samsung memutuskan untuk menarik kembali produk Samsung Galaxy Note 7 pasca terjadinya ledakan yang dialami oleh pemilik Galaxy Note.

Ini Penyebab Samsung Galaxy Note 7 Meledak

Terakhir, ledakan akibat overheating pada Galaxy Note 7 menimpa seorang pria di sebuah kamar hotel di Sydney, Australia pada Selasa (6/9/2016) yang mengakibatkan luka bakar pada jari tangannya.

Lantas apa yang menyebabkan terjadinya overheating pada Galaxy Note 7?

“Kegagalan baterai yang sangat langka,” kata Donal Finegan, seorang insinyur kimia di Universitas College London.
“Setiap jenis kesalahan bisa mengumpulkan banyak perhatian media dan benar-benar dapat memengaruhi reputasi produk yang mengandalkan baterai,” tambahnya.

Baterai ponsel umumnya menggunakan sel lithium-ion karena jenis baterai ini cukup kuat dan tahan lama. Namun sisi negatifnya, lithium-ion mudah sekali terbakar.

“Energi mereka sangat padat, mengandung banyak power dan tenaga listrik. Mereka membakar dengan cara yang sangat berbahaya,” kata Finegan.

Overheating sendiri merupakan kenaikan suhu yang berlebihan karena beberapa penyebab. Bisa dari lingkungan seperti keadaan di dalam mobil yang panas atau pengisian baterai dari perangkat lain. Sedangkan untuk kasus Galaxy Note 7 ini disebabkan karena adanya masalah di sel baterai itu sendiri.

Ini Penyebab Samsung Galaxy Note 7 Meledak

Penyebab ledakan karena adanya masalah dengan sistem manajemen baterai yang memantau arus listrik untuk menghentikan arus setelah baterai terisi penuh. Jika sistem ini rusak, maka dapat terjadi overcharge pada baterai.

“Baterai dapat terus melanjutkan untuk mengisi dan menjadi lebih tidak stabil dan akhirnya terbakar sendiri, tanpa ada pemanasan eksternal,” jelas Finegan.

Saat suhu telah mencapai sekitar 100 derajat Celsius, material baterai mulai memecah dan memicu reaksi berantai kimia dan melepaskan energi sendiri. Hal ini mengakibatkan terjadinya efek bola salju yang disebutb ‘thermal runaway’.

“Efek bola salju begitu cepat sehingga dalam satu detik seluruh sel berjalan dari utuh menjadi hancur,” kata Finegan yang dilansir Forbes, Senin (5/9/2016).
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Kantor PPP Kubu Djan Faridz Diserang Oknum saat Tengah Malam

Kantor PPP Kubu Djan Faridz Diserang Oknum saat Tengah Malam

Jakarta – Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP) yang beralamat di ...