Home > Ragam Berita > Nasional > Judicial Review Sri Royani Ditolak Mahkamah Konstitusi

Judicial Review Sri Royani Ditolak Mahkamah Konstitusi

Jakarta – Beberapa waktu lalu, Mahkamah Konstitusi mendapat permohonan judical review. Uji materi tersebut diajukan seorang ibu rumah bernama Sri Royani. Dia meminta MK kembali meninjau UU Hukum Acara Pidana (KUHAP) dan UU Kepolisian.

Judicial Review Sri Royani Ditolak Mahkamah Konstitusi

”Menyatakan menolak permohonan Pemohon untuk seluruhnya,” ujar Ketua Majelis Hakim Konstitusi Arief Hidayat di Jakarta pada Rabu (7/9/2016).

Sebagaimana diketahui, Sri Royani yang menguji ketentuan Pasal 7 ayat (1) huruf g, Pasal 120 ayat (1), Pasal 229 ayat (1) KUHAP dan Pasal 16 ayat (1) huruf g UU Kepolisian, merasa keberatan dengan aturan pemanggilan ahli dan penggantian biaya bagi ahli yang dihadirkan penyidik dalam persidangan.

Namun, judical review yang dimohonkan Sri Royani memiliki landasan hukum. ”Karena itu, pembatasan penyidik untuk mendatangkan ahli jika belum menemukan minimal 2 alat bukti yang sah sebagaimana diminta Pemohon justru dapat mendorong terjadinya pelanggaran hak asasi manusia,” ujar Hakim Konstitusi Anwar Usman.

Selain itu, terkait dengan keberatan Pemohon atas aturan penggantian biaya bagi ahli yang memberikan keterangan di persidangan, Mahkamah menilai bahwa hal itu tidak beralasan menurut hukum.

”Sudah selayaknya seorang yang telah memberikan keahliannya mendapatkan penghargaan sewajarnya yang dibebankan kepada pihak yang menghadirkan,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Anies-Sandi Lanjutkan Kebiasaan Ahok Unggah Video Rapat Ke Youtube

Anies-Sandi Lanjutkan Kebiasaan Ahok Unggah Video Rapat Ke Youtube

Jakarta – Saat Ahok menjabat, dirinya selalu mengunggah video rapat ke Youtube. Alasannya agar masyarakat ...