Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Imbau Perdamaian Dapat Terwujud di Laut Tiongkok Selatan

Jokowi Imbau Perdamaian Dapat Terwujud di Laut Tiongkok Selatan

Jakarta – Presiden Joko Widodo dikabarkab menghadri KTT ASEAN ASEAN-RRT ke-19 di Vientiane, Laos. Dalam pertemuan tersebut, dia pun menyerukan sebuah imbauan. Pihaknya berharap perdamaian di Laut Tiongkok Selatan (LTS) dapat segera terwujud.

Jokowi Imbau Perdamaian Dapat Terwujud di Laut Tiongkok Selatan

Menurut Jokowi, kemitraan ASEAN dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) harus mampu berkontribusi terhadap perwujudan perdamaian, stabilitas, dan keamanan di Laut Tiongkok Selatan.

”Kemitraan ASEAN dan RRT harus mampu, saya tegaskan, harus mampu berkontribusi terhadap perdamaian, berkontribusi terhadap stabilitas dan berkontribusi terhadap keamanan di Laut Tiongkok Selatan,” ujar Presiden pada Rabu (7/9/201).

Kontribusi tersebut dilakukan dengan menghormati Hukum Internasional (termasuk UNCLOS 1982). ”Semua pihak harus dapat menahan diri. Semua pihak harus mengedepankan penyelesaian sengketa secara damai,” katanya.

Presiden Jokowi mendorong agar “Declaration on the Conduct of Parties in the South China Sea” (DOC) harus diimplementasikan secara penuh dan efektif.

”COC (Code of Conduct) harus segera diselesaikan karena Kawasan Laut Tiongkok Selatan tidak boleh menjadi power projection kekuatan-kekuatan besar,” tambah Jokowi.

Sementara itu, ASEAN dan RRT tahun ini merayakan 25 tahun kemitraan erat, sejak bergabungnya RRT sebagai mitra wicara ASEAN pada 1991.

Ke depan, lanjut Presiden, ASEAN-RRT perlu terus mengedepankan hubungan ekonomi yang seimbang dan hubungan ekonomi yang saling menguntungkan. ”Pertumbuhan ekonomi memerlukan, kawasan yang damai, kawasan yang stabil dan kawasan yang aman,” ujar Presiden. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hubungan Terlarang, Foto Ibu Bhayangkari Inisial PWA Tersebar di Medsos

Hubungan Terlarang, Foto Ibu Bhayangkari Inisial PWA Tersebar di Medsos

Kendari – Hampir berbarengan dengan penyebaran informasi dugaan hubungan terlarang antara ibu bhayangkari berinisial PWA ...