Home > Teknologi > BMKG DIY Minta Warga Berhati-hati dengan Gelombang Tinggi di Pantai Selatan

BMKG DIY Minta Warga Berhati-hati dengan Gelombang Tinggi di Pantai Selatan

Sleman – Cuaca tidak bersahabat melanda Yogyakarta. Hal tersebut diungkapkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta. Karena itu, mereka mengimbau masyarakat berhati-hati jika beraktivitas di pantai selatan. Sebab, berdasar prediksi, angin kencang dan gelombang tinggi bakal terjadi selama beberapa hari.

BMKG DIY Minta Warga Berhati-hati dengan Gelombang Tinggi di Pantai Selatan

”Gelombang laut diprediksi masih di atas tiga meter hingga beberapa hari ke depan,” kata prakirawan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jogja Sigit Hadi Prakosa pada Selasa (6/9/2016).

Menurut dia, tingginya gelombang laut tersebut, menyebabkan air laut sampai ke warung-warung warga di pesisir seperti di Pantai Depok, Bantul. Perlu diwaspadai bagi para nelayan setidaknya hingga Kamis (8/4/2016).

”Gelombang tinggi yang terjadi di laut selatan kurang aman untuk aktivitas nelayan mencari ikan,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk kecepatan angin diperkirakan mencapai 15 knot atau 27 kilometer per jam pada hari ini (Selasa 6/9/2016).

”Kondisi angin ini akan meningkat pada dua hari selanjutnya, bisa sampai 20 knot atau 37 kilometer per jam,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Pos Klimatologi BMKG Yogyakarta Joko Budiono mengatakan, kondisi ini tidak hanya dialami di perairan selatan DIY saja. Namun juga di beberapa daerah mengalami hal serupa. Seperti di perairan Cilacap, Kebumen dan Purworejo.
”Kecapatan angin di perairan selatan Jawa saat ini cukup tinggi, rata-rata berkisar 10 hingga 20 knot. Dengan demikian, ketinggian gelombang menjadi signifikan,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Casio Bakal Rilis Smartwatch Pro Trek WSD-F30

Casio Bakal Rilis Smartwatch Pro Trek WSD-F30

Jakarta – Smartwatch bersistem operasi wearable terbaru Google, Android Wear 2.0, melalui Casio Pro Trek ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis