Home > Ragam Berita > Internasional > Korut Kirimkan Delegasi untuk Menyambangi Tiongkok

Korut Kirimkan Delegasi untuk Menyambangi Tiongkok

Seoul – Perundingan internasional terjadi beberapa hari lalu. Nah, diplomat Korea Utara (Korut) pun dikirimkan. Dia bakal menyambangi Tiongkok. Hal tersebut dilakukan untuk menutup program nuklir. Namun, perundingan tersebut memasuki jalan buntu.

Korut Kirimkan Delegasi untuk Menyambangi Tiongkok

Sebagaimana diberitakan Yonhap pada Rabu (7/9/2016), kunjungan wakil Korut tersebut dilakukan ketika Tiongkok mendukung peringatan baru bagi Korut, yang dikeluarkan PBB. Dewan Keamanan PBB mengeluarkan kecaman terhadap Korut setelah negara itu melakukan uji peluru kendali balistik pada Senin (5/9/2016). Tiongkok, sekutu utama diplomatik Korut, turut memberikan kecaman.

Diplomat Korut Choe Son Hui tiba di Beijing pada Selasa bersama penerjemahnya, kata kantor berita Korsel Yonhap mengutip sumber dekat dengan keadaan di Korut. Yonhap tidak menyebutkan alasan kunjungan itu atau tokoh yang akan ia kunjungi.

Saat ditanya mengenai kunjungan tersebut dalam jumpa pers harian di Beijing, juru bicara Kemenlu Tiongkok Hua Chunying mengatakan tidak mempunyai informasi. Choe mengunjungi Beijing pada Juni untuk ambil bagian dalam forum yang dihadiri para utusan nuklir dari AS dan Korsel, namun tidak dilaporkan terlibat dalam pembicaraan tingkat pemerintah.

Sementara itu, Presiden Tiongkok Xi Jinping menegaskan kembali komitmen negara tersebut untuk melucuti nuklir di semenanjung Korea dalam dialog dengan presiden Korsel Park Geun-hye pada Selasa, di sela-sela pertemuan puncak G20 di Hangzhou, Tiongkok. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

"Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan"

“Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan”

Mosul – Sejak dikuasai oleh pihak tentara Irak pada 10 Juli 2017, Mosul menjadi kota ...