Home > Ragam Berita > Internasional > Presiden Jokowi Serukan Kemerdekaan Untuk Palestina di KTT ASEAN

Presiden Jokowi Serukan Kemerdekaan Untuk Palestina di KTT ASEAN

Vientiane – Presiden Joko Widodo yang berkesempatan memberikan sambutan di hadapan para kepala-kepala negara di KTT ASEN-PBB ke-8 di Laos menyerukan tentang pentingnya pengentasan kemiskinan agar makin ditingkatkan serta memperjuangkan kemerdekaan Palestina serta mendorong kembali perjanjian damai antara Israel dan Palestina.

Presiden Jokowi Serukan Kemerdekaan Untuk Palestina di KTT ASEAN

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengingatkan kembali terkait salah satu agenda ASEAN tahun 2030 dimana pengentasan kemiskinan menjadi fokus kerja dari semua pemerintah di ASEAN.

“Penting bagi ASEAN untuk memastikan bahwa program pengentasan kemiskinan masuk dalam agenda pembangunan berkelanjutan 2030,” kata Jokowi di Gedung National Convention Centre, Vientiane, Laos, Rabu (7/9/2016).

Di bidang kesehatan, Jokowi mengharapkan kerjasama antara ASEAN dan PBB dapat makin ditingkatkan untuk mengatasi isu masalah penyakit menular seperti AIDS, flu burung, SARS, atau yang lainnya. Disamping juga beberapa penyakit berbahaya lainnya seperti jantung, kanker, dan diabetes.

“Kerja sama tersebut dapat dilakukan melalui penelitian bersama antar institusi atau ahli, pelatihan bersama dan kerja sama dalam pencegahan, deteksi dini dan tanggap darurat penyakit endemik,” ujar Jokowi.

Soal perdamaian dunia, Jokowi menyinggung agar ASEAN dan PBB lebih aktif dalam memprioritaskan terwujudnya kemerdekaan bagi Palestina dan mendorong perundingan damai Israel – Palestina.

“Indonesia menyerukan agar ASEAN dan PBB menjadikan masalah Palestina menjadi isu prioritas dan mendukung langkah Palestina mewujudkan kemerdekaan dan mendorong kembali perundingan damai Palestina-Israel berdasarkan two state solution,” kata Jokowi.

Sedangkan di bidang ekonomi, Jokowi mengingatkan bahwa ASEAN merupakan kekuatan ekonomi terbesar ke-7 dunia. Karena itu Jokowi berharap agar ASEAN bisa lebih berkontribusi dalam beberapa agenda yang dilakukan PBB.

“ASEAN juga memiliki kawasan yang stabil dan damai. Oleh karena itu, dengan segala aset dan potensinya, ASEAN dapat berkontribusi dalam beberapa agenda PBB, di antaranya pembangunan berkelanjutan dan perdamaian dunia,” papar Jokowi.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Tantang Polisi, Pemuda Ini Justru Terkapar Dikeroyok Warga

Tantang Polisi, Pemuda Ini Justru Terkapar Dikeroyok Warga

Jakarta – Netizen dibuat gemas dengan beredarnya sebuah video yang memperlihatkan seorang pemuda yang sok ...