Home > Teknologi > Sains > Benarkah Zelenchukskaya Milik Rusia Dapati Keberadaan Alien ?

Benarkah Zelenchukskaya Milik Rusia Dapati Keberadaan Alien ?

Moskow – Tahun lalu, ada hal luar biasa yang didapati teleskop radio Rusia. Hal tersebut adalah sebuah sinyal. Berdasar informasi, sinyal itu membuat satelit di atasnya terganggu.

Benarkah Zelenchukskaya Milik Rusia Dapati Keberadaan Alien ?

Sebagaimana diberitakan The Space Reporter pada Rabu (7/9/2016), signal radio kuat diterima pada Mei 2015 oleh teleskop radio Zelenchukskaya dari arah bintang mirip Matahari, HD164595 yang di konstelasi Herkules.

Sayangnya informasi tersebut tidak dipublikasikan hingga pekan lalu. Terletak 95 juta tahun cahaya, sistem bintang ini diketahui memiliki paling tidak satu planet meski mungkin lebih.

Dikarenakan kemungkinan besar sinyal bersumber dari wilayah ekstra-terestrial, di mana peneliti Rusia meminta SETI Institute, organisasi riset swasta yang mendengarkan sinyal tersebut, guna melakukan investigasi pada sumber lebih lanjut.

Sementara itu, Astronom asal Amerika Serikat (AS), Paul Gilster memperkirakan, bahwa kemungkinan sinyal aneh ini berasal dari peradaban alien canggih meskipun dirinya mengaku kesimpulan tersebut dinilai terlalu dini.

Ketika Allen Telescope Array tidak mendeteksi sinyal dari bintang lain, ilmuwan mulai curiga bahwa sinyal tersebut sebenarnya berasal dari sumber yang lebih dekat.

Di sisi lain, berdasarkan pendapat Astronom Nick Suntzeff, sumber Terrestrial seperti satelit komunikasi dan bahkan sumber alamiah lainnya bisa membuat sinyal dengan jangkauan yang lebih luas seperti yang terdeteksi satelit Rusia. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pakar Astronomi Bicara Tentang Tuhan dan Sains

Pakar Astronomi Bicara Tentang Tuhan dan Sains

Jakarta – Perdebatan antara Tuhan dan ilmu pengetahuan seharusnya tidak perlu lagi karena mereka berjalan ...