Home > Ragam Berita > Nasional > Uji Coba Nuklir Lagi, Tiongkok Kritik Korea utara

Uji Coba Nuklir Lagi, Tiongkok Kritik Korea utara

Beijing – Korea Utara kembali menguji coba Nuklir. Namun, aksi tersebut mendapat kritik dari Beijing. Otoritas Tiongkok pun akan memberikan sanksi keras karena aksi tersebut.

Uji Coba Nuklir Lagi, Tiongkok Kritik Korea utara

Tiongkok yang merupakan sekutu diplomatik utama Pyongyang adalah pemain kunci dalam upaya pemberhentian program nuklir Korea Utara. Namun negara tersebut pada akhir-akhir ini berubah sikap dan mulai menyetujui pemberlakukan sanksi yang lebih keras dari PBB.

China akan menyerahkan protes diplomatik terhadap kedutaan Korea Utara di Beijing atas aksi uji coba nuklir terbaru, kata juru bicara kementerian luar negeri Hua Chunying.

Namun, China juga menyalahkan Amerika Serikat dan Korea Selatan karena telah memperparah situasi di kawasan dengan menematkan sistem anti-rudal THAAD untuk menangkal ancaman rudal dari Utara.

China mengatakan sistem anti-rudal THAAD adalah ancaman bagi keamanan nasional dan tidak berniat untuk membawa program nulir Korea Utara ke meja perundingan kecuali sistem pertahanan itu dihentikan.

”Baru-baru ini, Korea Selatan juga tidak mengabaikan desakan dari negara-negara tetangga dan meneruskan penempatan sistem anti-rudal THAAD. Langkah ini bertentangan dengan upaya perdamaian dan stabilitas peninsula,” sebagaimana diberitakan Xinhua pada Jumat (9/9/2016).

Salah seorang pejabat negara Barat yang bertugas di Beijing, yang juga pernah bekerja di Pyongyang, mengatakan bahwa China punya sedikit pengaruh di Korea Utara. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Gerindra Desak Pemerintah Mengusut Pernyataan Panglima TNI Soal Impor 5.000 Senjata Ilegal

Gerindra Desak Pemerintah Mengusut Pernyataan Panglima TNI Soal Impor 5.000 Senjata Ilegal

Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyoroti pernyataan Panglima TNI Jenderal ...