Home > Ragam Berita > Internasional > Pemilu Lokal di Palestina Bakal Ditunda Sementara Waktu

Pemilu Lokal di Palestina Bakal Ditunda Sementara Waktu

Ramallah – Pemilu lokal di Palestina bakal ditunda sementara waktu. Hal tersebut telah diputuskan pengadilan Palestina pada Kamis (8/9/2016). Sebelumnya, pesta demokrasi rakyat tersebut bakal diselenggarakan pada 8 Oktober 2016. Penundaan tersebut terkait dengan perselisihan Fatah dan Hamas.

Pemilu Lokal di Palestina Bakal Ditunda Sementara Waktu

Kelompok Hamas yang menguasai Jalur Gaza memboikot pemilihan umum kotapraja Palestina pada 2012 tetapi menyatakan ingin berpartisipasi dalam pemilu tahun ini.

Seorang juru bicara Hamas mengatakan bahwa mereka menolak keputusan pengadilan di Ramallah. ”Ini keputusan politik,” kata Juru Bicara Hamas Sami Abu Zuhri.

”Kami menolak keputusan untuk membatalkan pemilu dan menyeru semua orang menolaknya,” katanya sebagaimana diberitakan AFP pada Jumat (9/9/2016).

Fatah dan Hamas belum pernah bersaing dalam pemilu sejak pemilihan anggota parlemen pada 2006, di mana Hamas menang, memicu konflik yang hampir berujung perang di Jalur Gaza pada tahun berikutnya.

Pemilihan tahun ini direncanakan ketika Presiden Mahmud Abbas yang berusia 81 tahun berada di bawah tekanan politik karena jajak pendapat menunjukkan sebagian besar rakyat Palestina ingin dia mundur.

Sementara itu, Kepala pengadilan tinggi Hisham Al-Hatoo mengeluarkan keputusan pada Kamis sebagai tanggapan atas tantangan dari seorang pengacara, Nael al-Houh.

Houh mengatakan permohonan bandingnya didasarkan pada fakta bahwa pemilihan tidak dilangsungkan di Yerusalem dan kekhawatiran terkait pemilu di Jalur Gaza. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Paus Serukan Perdamaian Bagi Yerusalem Saat Perayaan Natal

Paus Serukan Perdamaian Bagi Yerusalem Saat Perayaan Natal

Vatikan – Beberapa waktu yang lalu Paus Fransiskus telah menyerukan status quo Yerusalem untuk dihormati ...