Home > Ragam Berita > Nasional > E-Warung Bakal Segera Dilaunching di Batam

E-Warung Bakal Segera Dilaunching di Batam

Batam – Warung elektronik (e-warung) adalah salah satu program trobosan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Nah, ada dua e-warung yang telah diresmikan di Kota Batam, Kepulauan Riau. Menurut dia, program tersebut bertujuan melayani pelanggan yang akan membeli sembako dengan sistem pembayaran nontunai.

E-Warung Bakal Segera Dilaunching di Batam

Menteri Khofifah, di Batam, Sabtu, menyatakan program “e-warung” untuk kebutuhan PKH merupakan upaya pemerintah agar bantuan bisa tepat sasaran, kualitas, jumlah dan waktu.

Apalagi, pemerintah baru saja mengeluarkan kebijakan Strategi Keuangan Nasional Inklusif, yang mendorong masyarakat lebih mempergunakan transaksi nontunai.

Di e-warung, PKH dapat mempergunakan Kartu Indonesia Sejahtera sebagai alat pembayaran saat berbelanja beras, gula, minyak goreng dan tepung.

Kementerian Sosial menggandeng BRI dalam program itu, dengan membuka tabungan khusus untuk PKH.

Selanjutnya, tabungan itu juga dapat digunakan sebagai alat penyaluran berbagai dana bantuan sosial lainnya seperti Kartu Indonesia Pintar, Raskin, juga bansos dari pemerintah daerah lainnya.

Menurut Khofifah, penyaluran dana melalui nontunai lebih efektif dan akuntabel daripada penyaluran langsung tunai. ”Kalau nontunai, tidak ada peluang siapa pun melakukan penyimpangan. Akan bisa dirapihkan melalui format nontunai, termasuk raskin,” katanya pada Sabtu (10/9/2016).

Selain itu, pihaknya pun memberikan jaminan. Yakni, harga beras di e-warung lebih murah dibanding pasaran, karena pemerintah memotong mata rabtai distribusi barang. (Tita Yanuantari – harianido.com)

x

Check Also

Kaburkan Bus, Mantan Pegawai Transjakarta Diciduk Polisi

Kaburkan Bus, Mantan Pegawai Transjakarta Diciduk Polisi

Jakarta – ‎Satu unit bus Mayasari dengan nomor polisi B 7450 TGC dicuri oleh bekas ...