Home > Ragam Berita > Nasional > Kuota Haji Bagi Indonesia Bakal Ditambah Tahun Depan

Kuota Haji Bagi Indonesia Bakal Ditambah Tahun Depan

Serang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kabar baik bahwa kuota haji untuk Indonesia akan ditambah pada tahun depan. Hal ini dipastikan setelah Jokowi bertemu dengan Pangeran Kerajaan Arab Saudi di Hangzhou beberapa waktu lalu.

Kuota Haji Bagi Indonesia Bakal Ditambah Tahun Depan

“Jadi kita sudah berbicara yang pertama dengan Prince Mohamed dari Saudi Arabia waktu di Hangzhou. Sudah berbicara bahwa kita ingin meminta tambahan kuota haji dan beliau sudah menyampaikan akan ditambah. Saya juga sampaikan tambahan itu juga bisa ditambah lagi dengan kuota yang diberikan Filipina, Singapura, Jepang, yang tidak terpakai, akan kita pakai semuanya, beliau sudah menyanggupi,” kata Jokowi usai mengunjungi tempat pelelangan ikan di Serang, Banten, Minggu (11/9/2016).

Namun demikian, Jokowi tidak dapat memastikan sampai berapa banyak jumlah kuota haji bagi Indonesia akan ditambah. Namun demikian, saat bertemu dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte, ia mengijinkan kuota haji bagi Filipina yang tidak terpakai bisa digunakan oleh Indonesia tahun depan.

“Kemarin waktu ketemu Presiden Duterte juga saya sampaikan, silakan. Tapi ini prosedurnya yang akan kita benarkan, jangan sampai kayak yang sudah-sudah, sebelum-sebelumnya, memakai paspor yang palsu, ini yang menyebabkan ruwet di situ,” jelasnya.

Presiden Jokowi juga menjelaskan rencana kedatangan Raja Salman dari Arab Saudi ke Indonesia dalam waktu dekat yang diduga salah satunya juga akan membicarakan tambahan kuota bagi calon jamaah haji dari Indonesia.

“Kemarin beliau menyampaikan akan ada tambahan tapi itungannya belum bisa menyampaikan karena itu akan mungkin akan difinalisasi dulu di sana. Pada saat nanti Raja Salman ke Indonesia, itu mungkin sudah ada pernyataan berapa tambahan yang bisa diberikan kepada Indonesia plus yang belum belum kuota yang tidak dipakai di Filipina, Singapura, Jepang, itu yang kemarin kita juga minta, sudah kita bicarakan,” tegas Jokowi.
(Samsul Arfin)

x

Check Also

Sandiaga Berharap Rute Alternatif Transjakarta Sukses Urai Kemacetan

Sandiaga Berharap Rute Alternatif Transjakarta Sukses Urai Kemacetan

Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai hari ini melaksanakan pembukaan rute baru untuk mengurangi ...