Home > Ragam Berita > Internasional > Menhan AS : Tiongkok Terlibat Dalam Uji Coba Nuklir Korut

Menhan AS : Tiongkok Terlibat Dalam Uji Coba Nuklir Korut

Washington DC – Belum lama ini, Korea Utara (Korut) melakukan uji coba nuklir. Nah, Tiongkok pun terlibat dalam aksi tersebut. Sebab, dua negara adalah sekutu. Hal tersebut diungkapkan Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Ash Carter.

Menhan AS : Tiongkok Terlibat Dalam Uji Coba Nuklir Korut

Pada Jumat (9/9/201), Korut kembali mengadakan uji coba nuklir, bila dihitung dari awal, maka uji coba tersebut merupakan percobaan senjata nuklir kelima yang pernah mereka lakukan. Uji coba tersebut sempat membuat guncangan bak gempa di wilayah Korut.

Pada konferensi pers terkait kunjungan resminya ke Norwegia, Menhan AS dengan tegas menyatakan Negeri Tirai Bambu memiliki andil dalam uji coba nuklir Korut. Carter juga mengatakan, Tiongkok memiliki peran penting dalam menghentikan tindakan provokasi Negeri Komunis itu.

”Tiongkok memiliki tanggung jawab untuk memutarbalikkannya (terkait pengembangan nuklir Korut. Sangat penting untuk mereka (Tiongkok) menggunakan lokasi, sejarah serta pengaruhnya untuk semakin jauh melakukan denuklirisasi di Semenanjung Korea,” ujar Carter sebagaimana diberitakan Asian Correspondent pada Sabtu (10/9/2016).

Selain itu, Carter menambahkan, pihaknya sudah mendiskusikan uji coba nuklir tersebut dengan Menhan Korea Selatan, Han Min-koo. Keduanya sepakat untuk memberi sanksi tambahan kepada Korut melalui kesepakatan di Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Astaga, Pendeta Ini Cabuli Bocah di Altar Gereja

Astaga, Pendeta Ini Cabuli Bocah di Altar Gereja

Victoria – Seorang pendeta asal Australa yang bernama Gerald Francis Ridsdale telah mengaku bersalah karena ...