Home > Ragam Berita > Nasional > Tjahjo Kumolo Tegaskan Perekaman E-KTP Diperpanjang hingga Tahun Depan

Tjahjo Kumolo Tegaskan Perekaman E-KTP Diperpanjang hingga Tahun Depan

Semarang – Persebaran e-KTP belum merata. Karena itu, warga pun diberi kelonggaran. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bakal memperpanjang masa perekaman e-KTP. Yakni, hingga pertengahan 2017.

Tjahjo Kumolo Tegaskan Perekaman E-KTP Diperpanjang hingga Tahun Depan

”Masih banyak warga yang belum melakukan perekaman (data, red.) e-KTP,” katanya di Semarang pada Senin (12/9/2016).

Dia menjelaskan, Kementerian Dalam Negeri mencatat jumlah warga yang belum melakukan perekaman data e-KTP sampai saat ini masih sekitar 22 juta orang yang tersebar di berbagai daerah.

Karena itu, kata dia, batas waktu perekaman data e-KTP yang semula khir September ini diundur menjadi pertengahan 2017 mendatang untuk memberikan kesempatan bagi yang belum melaksanakan.

Mengenai ketersediaan blangko e-KTP yang menjadi kendala di sejumlah daerah, pria kelahiran Surakarta, 1 Desember 1957 itu mengatakan stok blangko e-KTP di pusat sebenarnya sangat mencukupi.

Tjahjo meminta bagi daerah, baik kabupaten/kota yang ketersediaan blanko e-KTP sudah menipis atau habis dipersilakan untuk mengambil di pusat dengan prosedur yang sudah ditentukan.

”Tentunya, (permintaan blangko, red.) harus disesuaikan dengan jumlah warga yang rekam e-KTP, bukan kebutuhan warga secara keseluruhan,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menjelaskan selama ini masih banyak warga yang mengeluhkan tentang proses pembuatan e-KTP yang membutuhkan waktu lama atau tidak langsung jadi.

”Kami telah berkoordinasi dengan kementerian (Kemendagri, red.) untuk bergerak aktif meminta blangko e-KTP ke pusat. Dalam waktu dekat, segera,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pengamat Menilai Anies Baswedan Sedang Memainkan Politik Identitas

Pengamat Menilai Anies Baswedan Sedang Memainkan Politik Identitas

Jakarta – Pidato Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota pada Senin (16/10/2017) malam ...