Home > Ragam Berita > Nasional > Ahok Tantang Calon Kepala Daerah Beber Asal Muasal Harta Mereka

Ahok Tantang Calon Kepala Daerah Beber Asal Muasal Harta Mereka

Jakarta – Calon gubernur petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang sering disapa Ahok tersebut menantang calon kepala daerah lainnya untuk berani melakukan pembuktian terbalik atas asal muasal harta mereka.

Ahok Tantang Calon Kepala Daerah Beber Asal Muasal Harta Mereka

Menurut Ahok, hal tersebut agar masyarakat dapat menilai transparansi dan integritas yang dimiliki para calon kepala daerah ini. Dalam undang-undang sendiri, belum ada aturan yang mengatur tentang pembuktian harta terbalik ini. Hal tersebut juga tidak dianggap sebagai kewajiban untuk dilaporkan.

“Enggak ada (mekanisme pembuktian harta terbalik) karena itu kan bukan kewajiban dan tidak diatur di undang-undang,” ujar pengamat hukum tata negara Refly Harun.

Refly pun menambahkan bahwa pembuktian harta terbalik baru bisa dilakukan apabila sudah masuk ke ranah peradilan, yakni dengan pembuktian terbalik terbatas. Selain KPK dan jaksa yang membuktikan, dia juga berusaha membuktikan apakah harta tersebut halal.

“Itu ketika ada kasus di pengadilan, misalnya seseorang didakwa dengan tindak pidana pencucian uang dan ditengarai hartanya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Mengenai masalah harta kekayaan calon kepala daerah hingga kini diurus oleh institusi yang berwenang, yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pelaporan harta kekayaan dapat melalui Laporan Hasil Keuangan Pejabat Negara (LHKPN).

(bimbim – harianindo.com)

One comment

  1. muherman harun

    AHOK menantang pembuktian harta terbalik semua pihak yang hendak berlaga di Pilgub DKI 2017, Pembuktian harta terbalik telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2006 tentang Pengesahan Ratifikasi PBB Melawan Korupsi. Langkah ini paling progresif dan maju ketimbang kewajiban untuk mengirim Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang lalai dibuat oleh mayoritas anggota DPRRI dan DPRD. Bahkan Jenderal POLRI pak Tito sendiri telah menginstruksikan semua petinggi kepolisian untuk membuat dan mengirim laporan tersebut. Pelaksanaannya kurang jelas.
    Konon pak AHOK telah mengirim laporan LHKPN tersebut secara berkala kepada KPK. Dan disertai pelaporan pembayaran PAJAK tahunan. Siapa di antara penyelenggara Negara kita mampu menyaingi AHOK?
    AHOK atau Basuki Tjahaya Purnama disingkat BTP artinya:
    B = Bersih, Berani, Brilyan
    T = Transparan, Tegas, Tuntas
    P = Profesional, Piawai, Pemberantas (korupsi)
    Semoga Pak AHOK sekarang juga bersedia sebagai Penyelenggara Negara Nomor Satu dan Calon Gubernur DKI bersedia membuat dan mengirim Laporan Pembuktian Harta Terbalik untuk disahkan oleh KPK.
    Semoga langkah heroik AHOK ini bisa diteladani oleh penyaingnya yang mendambakan menjadi Gubernur DKI Jakarta!

x

Check Also

Para Sesepuh Bangsa Berkumpul, Hasilkan Lima Seruan Penting

Para Sesepuh Bangsa Berkumpul, Hasilkan Lima Seruan Penting

Jakarta – Sejumlah tokoh senior dari lintas agama dan budaya berkumpul dalam Forum Sesepuh Bangsa ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis