Home > Ragam Berita > Nasional > Aksi Penggusuran Pemprov Kini Mendapat Sorotan Komnas HAM

Aksi Penggusuran Pemprov Kini Mendapat Sorotan Komnas HAM

Jakarta – Pemprov DKI memang kerap melakukan penggusuran. Nak aksi tersebut pun kini mendapat sorotan dari Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Hafidz Abbas. Pihaknya menjelaskan, Pemprov DKI diminta untuk memperhatikan sebelum menggusur.

Aksi Penggusuran Pemprov Kini Mendapat Sorotan Komnas HAM

Hafidz menuturkan, sebelum akhirnya mengeksekusi lahan warga, Pemprov DKI harus membuat satu kajian secara menyeluruh mengenai dampak dari kebijakan tersebut.

”Kalau penggusuran harus ada kajian ilmiah dulu agar dilihat dampaknya secara keseluruhan lalu dilihat datanya. Jadi seperti penyakit kalau dokter mau mengoperasi orang,” kata Hafidz di Ruang Pleno Utama Komnas HAM, Jakarta Pusat, Kamis (15/9/2016).

Hafidz menegaskan, penggusuran di seluruh negara memang kerap terjadi dan tidak dilarang. Namun, hal tersebut harus memperhatikan aspek hak asasi manusia.

Seperti proses komunikasi atau pemberitahuan kepada warga yang menerima penggusuran harus disampaikan dari jauh hari sebelumnya. Lalu, perhatikan kelanjutan pendidikan dari anak-anak yang sedang bersekolah, karena penggusuran tidak diperbolehkan memutus rantai pendidikan.

”Harus dilakukan prioritas bagi mereka yang cacat, lansia, dan pendidikan anak-anak serta yang sakit mereka harus diberi prioritas,” tuturnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

SBY Ingin Masyarakat di Indonesia Tidak Mudah Cengeng

SBY Ingin Masyarakat di Indonesia Tidak Mudah Cengeng

Jakarta – Pada hari selasa (15/08/2017) kemarin Presiden kelima RI, Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY ...