Home > Ragam Berita > Nasional > Warga Bekasi Harus Antri Berdesakan Hanya Untuk Membuat e-KTP

Warga Bekasi Harus Antri Berdesakan Hanya Untuk Membuat e-KTP

Bekasi – Bagi mereka yang belum punya e-KTP, kini e-KTP menjadi barang yang berharga. Pasalnya, hayna untuk mendapatkan sebuah kartu yang menyatakan Anda sebagai warga Indonesia butuh pengorbanan yang besar. Di tiap daerah dijamin pembuatan e-KTP kini antre dan membludak. Belum lagi pelayanan birokrat yang hanya seadanya, sehingga mesti sabar menunggu berjam-jam.

Warga Bekasi Harus Antri Berdesakan Hanya Untuk Membuat e-KTP

Salah satunya seperti proses pembuatan e-KTP di Kota Bekasi, Jawa Barat, daerah yang begitu dekat dengan ibu kota Jakarta. Pada Kamis (15/9/2016) pagi, sudah sejak pukul 05.00 WIB, salah seorang dosen ekonomi di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Dianta Sebayang, sudah antre di kantor Disdukcapil Kota Bekasi.

Setibanya di lokasi, ia melihat sudah ada ratusan orang yang duduk menunggu untuk mengambil nomor antrean. Waktu itu, Dianta hanya ingin memperbaiki data saja, karena e-KTP-nya sempat hilang dan butuh pengganti yang baru.

Semakin siang, sudah ada lebih dari 1.000 orang yang mengantre berbaris rapi. Ada yang perekaman, perbaikan data, dan pengambilan. Ada empat sampai lima petugas saja yang melayani di bagian nomor antrean. Begitu selesai, habis nomor antrean karena dijatah, loket tutup.

“Pukul 07.00 WIB baru dibuka pengambilan antrean. Untuk perekaman dibatasi hanya 300 orang, perbaikan data 1.000 orang,” jelas dia.

“Kemudian untuk perekaman ada lima petugas yang melayani, untuk perbaikan data ada lima, dan pengambilan ada empat. Jadi begini, hari pertama antre perekaman, besoknya antre lagi untuk perbaikan data, dan tinggal menunggu jadwal untuk pengambilan. Jadi tidak bisa langsung mengambil karena blanko terbatas,” urai Dianta.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan mengevaluasi para petugas penanganan prasarana dan ...