Home > Ragam Berita > Internasional > Benarkan Hijab Bakal Dilarang di Filipina ?

Benarkan Hijab Bakal Dilarang di Filipina ?

Davao – Otoritas di Kota Davao, Filipina, saat ini sedang melakukan peninjauan. Hal tersebut terait dengan sebuah rencana. Yakni, pelarangan pemakaian hijab bagi perempuan di tempat keramaian. Rencana tersebut diajukan setelah terjadi ledakan di pasar malam Davao pada 2 September. Akibat ledakan tersebut, 15 orang dinyatakan tewas.

Benarkan Hijab Bakal Dilarang di Filipina ?

Sebagaimana diberitakan Inquirer pada Kamis (15/9/2016) Pusat Komando Keamanan dan Keselamatan Umum (PSsCC) Kota Davao mengklaim perempuan harus rela membuka hijab yang dikenakan dengan alasan protokol keamanan. Tentu saja rencana tersebut menuai kontroversi.

Namun, Direktur PSSCC Benito de Leon menegaskan gagasan itu tidak bersifat diskriminatif. Pasalnya, kebijakan serupa juga berlaku bagi setiap individu yang mengenakan sesuatu yang dianggap dapat menyembunyikan identitasnya.

”Kami menginginkan orang-orang, ketika memasuki mal atau pertokoan lainnya untuk melepaskan topi, tudung kepala, kacamata, termasuk hijab untuk diinspeksi,” ujar De Leon.

Kelompok Suara Bangsamoro mengecam rencana tersebut. Mereka mengklaim langkah dari PSSCC hanya akan memunculkan diskriminasi terhadap Muslim serta perlakuan tidak hormat terhadap Islam. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

"Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan"

“Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan”

Mosul – Sejak dikuasai oleh pihak tentara Irak pada 10 Juli 2017, Mosul menjadi kota ...