Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Obati Diabetes Dengan Racun Siput Kerucut

Obati Diabetes Dengan Racun Siput Kerucut

Jakarta – Beberapa hewan memang memiliki racun mematikan. Misalnya, Siput kerucut. Karena itu, binatang tersebut dianggap membahayakan manusia. Namun, racun siput laut tersebut memiliki khasiat. Yakni, mengobati diabetes.

Obati Diabetes Dengan Racun Siput Kerucut

Racun dari siput laut karnivora ini bisa memegang kunci pengembangan insulin buatan yang cepat bereaksi terhadap pasien diabetes. Hal ini ditemukan oleh sebuah penelitian di Australia.

Para peneliti dari Melbourne Walter and Eliza Hall Institute (WEHI), menemukan struktur tiga dimensi yang tidak biasa dari insulin, hormon yang mengubah glukosa tertelan ke dalam sel-sel hati dan otot rangka, dalam racun siput laut kerucut ini.

Mike Lawrence, pemimpin Wehi dalam penelitian, mengatakan penemuan tersebut merupakan langkah yang signifikan. Karena, dari penemuan ini memungkinkan para ilmuwan untuk membuat insulin buatan yang cepat bereaksi.

Menurut Lawrence, insulin buatan digunakan untuk mempertahankan kadar glukosa darah pasien diabetes. Insulin buatan tersebut akan bekerja seketika dibandingkan insulin biasanya yang membutuhkan 15 menit untuk bereaksi.

”Terobosan kami telah menentukan struktur insulin dari racun ini. Insulin yang dikembangkan dari racun siput ini diberikan untuk pasien yang menderita diabetes tipe 1 dan 2 serta gestasional,” ujarnya yang dikutip Ndtv pada Kamis (15/9/2016).

Siput kerucut biasanya memang menggunakan racun ke ikan. Namun, spesies vertebrata ini mirip dengan manusia, sehingga membuat peneliti percaya bahwa insulin dari racun akan bekerja pada manusia. (Tita Yanuantari – harianido.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image
Refresh Image

*

x

Check Also

5 Efek Samping Stres Pada Kesehatan Anda

5 Efek Samping Stres Pada Kesehatan Anda

Jakarta – Stres tidak hanya memberi efek samping pada psikis, namun juga kesehatan fisik. Berikut ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Portal Berita Indonesia

 

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Aktual, Faktual dan Humanis