Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Lakukan Cara Ini Untuk Pertolongan Pertama Luka Bakar

Lakukan Cara Ini Untuk Pertolongan Pertama Luka Bakar

Jakarta – Meskipun terkesan sepele, luka bakar dapat diderita oleh siapa pun, bahkan untuk Anda yang haya beraktivitas di dalam rumah sekalipun. Beberapa penyebab luka bakar yang lazim ditemui antara lain ialah terkena cipratan minyak panas, knalpot, atau api.

Lakukan Cara Ini Untuk Pertolongan Pertama Luka Bakar

Penanganan pertama luka bakar akan sangat memengaruhi masa penyembuhan dan bekas luka yang ditimbulkan. Banyak orang masih sering melakukan kesalahan dalam menangani luka bakar, beberapa mitos untuk menyembuhkan luka bakar seperti ditutupi dengan odol, mentega, atau cairan berminyak lain justru dapat menimbulkan infeksi dan luka semakin parah.

Seharusnya penanganan luka bakar disesuaikan dengan grade atau tingkatan dari luka bakar tersebut. Grade satu berarti luka hanya terjadi di permukaan kulit dan tidak memerlukan penanganan khusus.

Sementara untuk luka bakar grade dua, luka harus dibersihkan dengan air yang mengalir sekitar 10-15 menit untuk menghentikan pembakaran. Selain itu lepaskan benda di tubuh yang kencang, misalnya cincin atau gelang, sebelum lukanya membengkak.

Bila luka bakar tidak lebih dari satu persen tubuh, cukup tutup luka dengan kasa lembab atau plastik cling wrap. Ganti plastik atau kasa jika kotor dan hindari memecahkan luka yang melepuh. Adapun untuk luka bakar grade tiga dan empat, segera bawa ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Awas, Bercinta Didalam Air Beresiko Terjadi Infeksi

Awas, Bercinta Didalam Air Beresiko Terjadi Infeksi

Jakarta – Untuk tetap mempertahankan keharmonisan hubungan intim diantara pasangan, pastinya perlu ada berbagai variasi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis