Home > Ragam Berita > Nasional > Ahok Bersedia Ikuti Aturan KPUD Serahkan Surat Cuti Pilgub DKI

Ahok Bersedia Ikuti Aturan KPUD Serahkan Surat Cuti Pilgub DKI

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan bahwa dirinya akan mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh KPUD DKI yang mewajibkan calon Gubernur petahana menyerahkan juga surat pernyataan bersedia cuti saat mendaftarkan diri ke KPUD.

Ahok Bersedia Ikuti Aturan KPUD Serahkan Surat Cuti Pilgub DKI

“Kita hargai dan ikuti KPUD sambil menunggu putusan MK,” ujar Ahok saat dikonfirmasi, Jumat (17/9/2016) malam.

Sebelumnya, Ketua KPU DKI Sumarno menjelaskan bahwa cagub dan cawagub petahana harus menyerahkan surat cuti, bila tidak maka ada konsekuensi yang harus ditanggung.

“Jika tak ada surat kesediaan cuti, maka ini bisa jadi penyebab pembatalan pasangan calon sebagai peserta Pilkada,” ujar Sumarno di Kantor KPUD DKI Jakarta, Jumat (16/9/2016).

Kewajiban menyerahkan surat pernyataan bersedia cuti selama masa kampanye sudah diatur dalam Pasal 88 Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2016.

Aturan ini dibuat agar calon petahana tidak menggunakan fasilitas kantor atau negara saat melakukan kampanye.

Saat ini Ahok sedang mengajukan gugatan uji materi UU Pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pasal 70 ayat (3) dalam UU tersebut yang mengatur kewajiban cuti bagi calon petahana.

Dalam gugatannya, Ahok menganggap cuti adalah hak seseorang, bukan kewajiban. Selain itu ia ingin memastikan program DKI masih dapat berjalan dengan baik selama masa kampanye.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Simak Pengakuan Pelajar Yang Sempat Mendapat Doktrin Islam Garis Keras

Simak Pengakuan Pelajar Yang Sempat Mendapat Doktrin Islam Garis Keras

Jakarta – Seorang lelaki asal Lamongan Jawa Timur, Yanto (bukan nama asli), sempat selama empat ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis