Home > Ragam Berita > Nasional > Ahok Terancam Didiskualifikasi Jika Tak Penuhi Syarat Cuti

Ahok Terancam Didiskualifikasi Jika Tak Penuhi Syarat Cuti

Semarang – Ada sebuah  pernyataan yang menyebutkan bahwa seluruh bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah berstatus inkumben harus mau cuti selama masa kampanye pemilihan kepala daerah 2017. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Badan Pengawas Pemilu RI.

Ahok Terancam Didiskualifikasi Jika Tak Penuhi Syarat Cuti

Muhammad selaku Ketua bawaslu menyatakan jika ada bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah dari inkumben tidak mau membuat surat pernyataan akan cuti saat masa kampanye maka akan dinyatakan sebagai calon yang tak memenuhi syarat (TMS).

“Karena syarat cuti (bagi inkumben) itu perintah undang-undang. Sekarang juga diperkuat dengan peraturan KPU tentang pencalonan,” kata Muhammad dalam acara diskusi di kampus Unisulla, Kota Semarang, Jumat sore, (16/9/2016).

Syarat tersebut berlaku untuk seluruh kepala daerah inkumben mana pun, termasuk Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau Ahok. Muhammad menambahkan, salah satu dokumen yang wajib diserahkan bakal calon kepala daerah inkumben adalah adanya surat pernyataan bersedia cuti di masa kampanye.

“Teriak-teriak ga mau cuti. Seakan-akan tanpa saya (Ahok) DKI ga jalan. Alasannya siapa yang mengawal APBD,” kata Muhammad.

“Kalau enggak memasukkan surat pernyataan itu maka Panwas akan mendiskualifikasi,” ujar Muhammad.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Pernyataan Keras Kemendagri Untuk Ormas Yang Tak Mau Diatur

Pernyataan Keras Kemendagri Untuk Ormas Yang Tak Mau Diatur

Jakarta – Permasalahan Ormas di negara ini seperti masih hangat untuk diperbincangkan. Yang terbaru, Direktur ...