Home > Ragam Berita > Nasional > Irman Gusman Jadi Tersangka KPK, DPD Berkabung

Irman Gusman Jadi Tersangka KPK, DPD Berkabung

Jakarta – Dalam konferensi pers di Gedung Parlemen, Jakarta, Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad mengatakan bahwa segenap anggota DPD RI berkabung atas ditangkapnya Ketua DPD Irman Gusman oleh KPK pada Sabtu (17/9/2016) dinihari WIB.

Irman Gusman Jadi Tersangka KPK, DPD Berkabung

Menurut Farouk, DPD belum akan melakukan penggantian pimpinan dalam waktu, sehingga pimpinan DPD untuk sementara akan dipimpin oleh dua orang wakil.

“Karena masih berkabung. Untuk sementara ini DPD dipimpin oleh dua wakil, yakni saya dan Bu Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas,” kata Farouk saat konferensi pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/9/2016).

Farouk mengaku, meskipun tertangkapnya Ketua DPD Irman Gusman sebagai pukulan berat bagi DPD RI namun DPD akan tetap menjalani aturan yang telah ditetapkan.

Mengacu kepada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD, pada pasal 303 ayat 3 menyebutkan, anggota DPD yang terbukti melakukan korupsi melalui putusan hukum yang berkekuatan hukum tetap akan diberhentikan keanggotaannya.

Terkait penggantian Irman Gusman, Farouk mengatakan masih akan menunggu rapat internal DPD bersama dengan alat kelengkapan DPD, termasuk Badan Kehormatan DPD.

“Pasti akan segera kami lakukan rapat untuk memikirkan pergantian Pak Irman. Tapi tidak sekarang karena kami masih berkabung dan tentu peristiwa ini sangat memukul kami,” tutur Farouk.

Irman Gusman dijadikan tersangka suap oleh KPK setelah dilakukan operasi tangkap tangan di rumah dinas Irman Gusman. Ketua DPD ini diduga melakukan lobi kepada Bulog.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Din Syamsuddin : Penolakan Perppu Ormas Lebih Baik Dilakukan Lewat Judicial Review

Din Syamsuddin : Penolakan Perppu Ormas Lebih Baik Dilakukan Lewat Judicial Review

Yogyakarta – Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Din Syamsuddin menilai seharusnya pemerintah tidak menerbitkan Peraturan Pemerintah ...