Home > Ragam Berita > Nasional > Dulunya Irman Gusman Sering Bicara Soal Anti Korupsi

Dulunya Irman Gusman Sering Bicara Soal Anti Korupsi

Jakarta – Tertangkapnya Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman oleh KPK di rumah dinasnya pada Sabtu (17/9/2016) dinihari WIB membuat publik cukup terkejut karena Irman Gusman termasuk salah satu pejabat yang getol bicara soal pentingnya budaya anti korupsi.

Dulunya Irman Gusman Sering Bicara Soal Anti Korupsi

Pada Maret 2015 lalu, Irman Gusman pernah bicara tentang korupsi yang telah terdesentralisasi, menanggapi hasil penelitian dari Indonesia Corruption Watch (ICW) yang mengungkapkan bahwa tindak pidana korupsi pada tahun 2014 lebih banyak dilakukan oleh pejabat di daerah.

“Desentralisasi bukan berlaku untuk otonomi, tapi ternyata korupsi pun begitu. Korupsi menjadi budaya dan sulit dihilangkan,” kata Irman Gusman pada saat itu.

Irman Gusman juga mengajak agar seluruh masyarakat dan pejabat melakukan gerakan revolusi guna menghapus budaya korupsi dari Tanah Air.

Sebelumnya pada 2010, Irman Gusman memimpin para koleganya di DPD untuk menyerahkan laporan harta kekayan mereka ke KPK, di sebuah forum yang bertajuk “Membangun Kesadaran dan Mendorong Budaya Anti Korupsi.”

Pada saat itu, Irman Gusman sempat menyatakan keprihatinannya terhadap hasil temuan Transparency International soal peringkat korupsi di Indonesia.

“Benar-benar sangat menyedihkan. Karena Indonesia berada di urutan kedua, di bawah Rusia sebagai negara yang terkorup,” ujar Irman Gusman.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Prabowo Sindir Mobil Mewah Yang Dimiliki Pemilik Lembaga Survey

Prabowo Sindir Mobil Mewah Yang Dimiliki Pemilik Lembaga Survey

Jakarta – Para praktisi dan pelaku lembaga survei diminta untuk tidak memanipulasi data penelitian demi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis